Video Septic Tank Meledak Tewaskan Satu Orang, Ini Cara Bangun WC yang Benar

Terkini.id, Jakarta – Peristiwa nahas akibat septic tank yang meledak kembali terjadi.

Septik tank yang meledak tersebut membuat seorang pekerja jasa sedot WC berinisial S (44) meninggal dunia.

S meregang nyawa saat sedang bekerja di rumah salah satu warga di Kavling Blok O, Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, Senin 4 November 2019 lalu.

Baca Juga: Kecelakaannya Kerja, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan 7,4 Miliar Kepada Ahli Waris

Kanit Reserse Kriminal Polsek Cakung Ajun Komisaris Polisi (AKP) Tom Sirait menuturkan, peristiwa bermula saat S telah menyelesaikan pekerjaannya untuk menyedot tinja septic tank di rumah warga bernama Agus Sholeh pada Senin 4 November 2019 sekitar pukul 11.30 WIB.

“Menurut Pengurus RW, pada pukul 11.00 wib sopir truk tinja datang ke lokasi untuk proses penyedotan WC,” kata Tom kepada wartawan, Selasa 5 November 2019.

Setelah pekerjaan selesai, S ingin meyakinkan pemilik rumah bahwa tugasnya telah selesai.

S lalu membakar kertas dan memasukkannya ke dalam septic tank.

https://www.facebook.com/makassarterkini/videos/685717591918231/

“Sopir truk tinja saat itu mengambil koran lalu membakar koran tersebut. Dia ingin memastikan proses penyedotan tinja telah selesai dengan bukti koran yang dibakar dimasukan dalam septic tank telah padam. Lalu yang punya rumah dengan yakin proses pengambilan tinja telah selesai,” ucapnya.

Melihat pekerjaan selesai, maka Agus langsung mengambil uang untuk membayar jasa S. Saat Agus mengambil uang, tiba-tiba terdengar suara ledakan yang cukup kencang dari lubang septic tank tersebut, hingga mengakibatkan S meninggal dunia di tempat.

“Tiba-tiba septic tank tersebut meledak dengan mengeluarkan suara yang cukup besar. S terjatuh ke dalam septic tank dan meninggal dunia dengan kondisi wajah terbakar,” beber dia lagi.

Jenazah S lalu dibawa ke Rumah Sakit Harapan Jayakarta.

Konstruksi Septic Tank yang Benar

Dilansir dari tempo.co, Peneliti Utama Teknologi Lingkungan di Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI Neni Sintawardani mengungkapkan, kalau ingin membuat septic tank harus dipahami dengan baik, karena septic tank berisi tinja itu akan menyimpan gas.

“Maka harus ada lubang saluran gas dan jangan melakukan pembakaran dekat saluran gas itu,” ujar Heni.

Menurut Neni, meledaknya septic tank itu bisa jadi karena beberapa hal. Pertama karena terakumulasinya gas metana, yang jika tidak ada lubang pengeluaran, maka gas terangkap dalam septic tank, dan jika ada pemicu seperti api atau pembakaran itu bisa meledak.

Selain itu, Neni melanjutkan, konstruksi yang tidak bisa menahan gas metana.

“Gas metana dengan jumlah campuran kecil dan sedikit udara bisa menimbulkan ledakan,” tutur Neni.

“Jika dari segi proses biasanya akan mengalami proses unaerobik, itu proses yang tidak boleh ada oksigen. Sehingga bakteri akan mengkonsumsi polutan yang mengeluarkan biogas, yaitu gas metana, itu gas yang mudah terbakar, bisa dimanfaatkan untuk energi.”

Bagikan