Viral! Video Kuburan Upin Ipin Beredar di Media Sosial, Pencipta Karakter Upin Ipin: ‘Karena Kami Semua…’

Terkini.id, Jakarta – Masyarakat tengah dihebohkan dengan video yang beredar di media sosial, bersumber dari media sosial TikTok, terdapat narasi bahwa diduga kartu Upin Ipin adalah khayalan dari karakter Opah 10 tahun yang lalu.

Narasi tersebut muncul dalam sebuah video, yang menunjukkan dua kuburan bertuliskan Upin dan Ipin pada masing-masing baru nisannya.

Video yang diunggah oleh akun TikTok @ABI_ALONK_3110 ini, merekam kedua kuburan tersebut dimana tertulis nama Upin, yang wafat pada tanggal 6 Agustus 1995, dan Ipin yang wafat pada 2 April 1996.

Baca Juga: Fizi ‘Berulah’ Lagi, Dihujat Warganet Indonesia Beramai-ramai

“Pantes gak pernah gede, ternyata cerita berdasarkan khayalan Opah 10 tahun yang lalu,” tulisan @ABI_ALONK_3110, yang dikutip dari Kompas.com pada Senin, 17 Januari 2022.

Didalam komentar, pengunggah mengaku mendapatkan video tersebut dari temannya yang berada di Negara Malaysia.

“Maaf ya gaes jadi rame, video ini alonk dapat dari teman yang juga orang Malaysia. Katanya ini berdasarkan kisah dari nenek di sana yang diungkap ke dalam animasi,” tulis pengunggah tersebut.

Banyak netizen yang masih bertanya-tanya akan kebenaran dari berita tersebut, pasalnya pencipta dan penulis animasi Upin Ipin, Burhanuddin Rafzi dan Ainon Ariff, pernah mengatakan bahwa dibuatnya animasi tersebut dalam rangka untuk menyambut bulan Ramadhan.

Sebelumnya, juga pernah terdapat pemberitaan mengenai animasi Upin Ipin di laman berita Tribunnews, pada 3 Oktober 2010 lalu, bahwa Burhanuddin dan Ainon mulai menciptakan animasi tersebut pada tahun 2007.

“Karena kami semua suka anak-anak, peduli anak-anak,” jelas Ainon saat diwawancara di Kafe Pisa Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Oktober 2010.

Ainon yang juga menjadi pengisi suara untuk karakter Opah, mengaku memiliki sifat yang sama seperti Opah karena suka mengikuti kegiatan sosial untuk anak-anak dan juga sering mengasuh cucunya.

Bagikan