Masuk

Wakili Ketum PII, Ir Habibie Razak Beri Sambutan Keinsinyuran di PSPPI Unand Padang

Komentar
DPRD Kota Makassar

Terkini.id, Padang – Sekolah Pasca Sarjana Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Universitas Andalas (Unand) Padang sore ini melakukan pengambilan sumpah dan pelantikan 63 lulusan Insinyur yang diselenggarakan secara hybrid.

Acara dibuka dengan Laporan Direktur Program Pasca Sarjana Unand Prof. Dr. Nursyirwan Effendi yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan Wakil Rektor III Dr. Ir. Insannul Kamil, IPM., ASEAN Eng.

Dr. Insannul yang akrab dipanggil Pak Nanu menyampaikan bahwa ada 4 hal yang menjadi isu global keinsinyuran saat ini antara lain: isu krisis air dan energi, ekonomi digital, climate change dan revolusi industri kesehatan.

Baca Juga: Direktur Eksekutif PII Ir Habibie Razak Jadi Pembicara Konvensi Internasional di Filipina

“Ke depannya para Insinyur lulusan PSPPI ini bisa berkontribusi di dalam melakukan invovasi keinsinyuran termasuk menyelesaikan masalah-masalah global tadi dari perspektif keinsinyuran,” tambahnya.

Sementara itu, Ir. Habibie Razak selaku Direktur Eksekutif PII yang mewakili Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia dalam sambutan singkatnya mengingatkan bahwa dibutuhkan kerjasama apik, sinergi kolaborasi antara pihak penyelenggara PSPPI Unand dan unsur pengurus PII Wilayah dan Cabang-cabang di Sumatera Barat untuk terus mendorong para praktisi keinsinyuran untuk mengikuti program ini sesuai dengan yang diamanahkan oleh UU 11/2014.

“Program Profesi Insinyur ini sudah dilakukan oleh banyak perguruan tinggi di Indonesia dan dan beberapa di antara mereka sudah menelurkan lulusan Insinyur jauh lebih banyak seperti di Jawa, Kalimantan dan Sulawesi,” ujar Habibie Razak.

Baca Juga: PII Inisiasi Terbentuknya Engagement Working Group Bali E20 di G20

“Unand sebagai penyelenggara juga diharapkan bisa melahirkan lebih banyak lulusan lagi di regional Sumatera,” sambungnya.

Suasana pengambilan sumpah oleh Ketua Umum PII Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga, M.Eng.Sc., IPU., ACPE yang hadir secara online berlangsung hikmat yang kemudian diikuti oleh pengalungan medali oleh Dr. Insannul Kamil, penyerahan sertifikat profesi oleh Prof. Dr. Nursyirwan Effendi, pemasangan helmet insinyur oleh Ir. Habibie Razak disaksikan oleh Wakil Direktur I Prof. Ir. Yonariza, MSc.

Foto bersama dilakukan di sesi akhir bersama para lulusan yang hadir secara offline maupun online. Hadir juga Ir. Muhammad Dien – Wakil Ketua PII Wilayah Sumbar pada acara pengambilan sumpah ini.