Wali Kota Palopo Judas Amir Ikuti Musrenbangnas yang Dibuka Jokowi

Terkini.id, Palopo – Wali Kota palopo Muh Judas Amir didampingi Sekretaris Daerah Kota Palopo mengikuti pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) secara live streaming di Kantor Wali Kota Palopo. Musrenbangnas dibuka Presiden RI Joko Widodo, Kamis 30 April 2020.

Pada Musrenbangnas, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, rencana kerja anggaran pemerintah (RKAP) 2021 diarahkan untuk pemulihan sosial ekonomi.

Menurutnya, langkah tersebut diambil untuk mengejar target rencana pemerintah jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024 yang terancam meleset akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Hadiri Syukuran Pabrik Es, Wali Kota Palopo: Semoga Jadi Berkah...

Suharso menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak yang besar terhadap pembangunan nasional. Wabah tersebut berpengaruh terhadap pencapaian sasaran RPJMN 2020-2024.

“Rencana kerja pemerintah tahun 2021 diarahkan untuk pemulihan sosial ekonomi, guna mengejar target RPJMN 2020-2024. Untuk itu, tema RKAP 2021 adalah mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial,” ungkap Suharso.

Baca Juga: Sebelum Masuk Penjara, Bahar Ancam Jokowi: Tunggu Saya Keluar dan...

Suharso juga menyampaikan pandemi saat ini menyebabkan adanya koreksi yang cukup tajam terhadap sasaran ekonomi pada 2020 dan berpengaruh pada kondisi ekonomi 2021.

“Dampak lainnya adalah berkurangnya pembiayaan pembangunan 2020 akibat pengalihan pembiayaan ke Covid-19,” jelasnya.

Wali Kota Palopo usai mengikuti kegiatan menyampaikan bahwa sesuai arahan Musrenbangnas, skenario agenda pemulihan ekonomi setelah Covid-19 menjadi bagian penting dalam kerangka ekonomi makro RKAP 2021.

Baca Juga: Sebelum Masuk Penjara, Bahar Ancam Jokowi: Tunggu Saya Keluar dan...

“Namun itu juga dengan pertimbangan atau asumsi bahwa pandemi corona virus bisa berakhir dalam waktu dekat di tahun ini,” ungkap Judas.

Lanjutnya dengan asumsi tersebut setiap daerah di Indonesia termasuk Kota Palopo diharapkan dapat memaksimalkan daya dan upaya untuk menanggulangi pandemi agar tidak semakin menyebar.

Musrenbangnas 2020 melalui live streaming tersebut untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah atau RKP 2021.

Bagikan