Walikota Judas Amir Hadiri Pemberian Remisi di LP Kelas II A Palopo

Judas Amir
Walikota Judas Amir Hadiri Pemberian Remisi di LP Kelas II A Palopo

Terkini.id, Palopo – Walikota Palopo HM Judas Amir bersama Wakil Walikota Palopo Dr. H. Rahmat Masri Bandaso, M.S.i dan rombongan Forkopimda Kota Palopo, usai melaksanakan ziarah di TMP Palopo, menuju ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kota Palopo untuk menghadiri acara pemberian remisi, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Pada agenda pemberian remisi kepada para narapidana tersebut dilaksanakan di Aula Lapas Kelas II A.

Kepala Lapas Kelas II A Indra Sofyan dalam laporannya mengungkapkan bahwa Lapas Kls II A Kota Palopo saat ini memiliki kapasitas penghuni 395 orang.

Menurutnya, terkait remisi, jumlah WBP yang diusulkan pihaknya untuk mendapatkan remisi bagi narapidana sebanyak 661 orang, namun dari jumlah tersebut yang terbit Surat Keputusannya sebanyak 507 orang.

Lanjut Indra Sofyan, untuk 507 napi yang terbit SKnya, ada 10 orang narapidana yang mendapatkan remisi umum langsung bebas dan 493 orang Narapidana yang menerima remisi umum I dan 154 orang narapidana yang belum terbit SK-nya.

“Untuk yang belum terbit SK-nya terdiri dari register F 40 0rang, bebas PB 42 orang, bebas CB 43 orang, bebas sebelum remisi 24 orang dan yang saat ini masih dalam proses ada 5 orang,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Walikota Palopo, Drs. H.M Judas Amir sebelum membacakan amanat Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Sulawesi Selatan menyampaikan bahwa semua yang terjadi dalam perjalanan hidup manusia memiliki hikmah yang harus senantiasa dijadikan pelajaran.

“Dalam perjalanan hidup kita, seperti pula yang dialami warga binaan di Lapas Kelas IIA Palopo ini harus kita jadikan pelajaran agar kita ke depannya mau belajar dan lebih bersemangat memperbaiki kualitas kehidupan kita ketika kembali ke masyarakat, dan untuk masa yang akan datang,” harap Judas Amir.

Prosesi pemberian remisi berlangsung haru, lantaran beberapa napi yang mendapatkan remisi langsung bebas terlihat menangis bahagia. Bahkan, rekan sesama napi juga terlihat larut pada suasana tersebut.

Berita Terkait
Komentar
Terkini