Masuk

10 Tips Parenting Wajib Jadikan Anak Berkepribadian Positif

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Tips Parenting menjadi salah satu solusi bagi orang tua untuk mendidik anak menjadi seorang yang positif, mulai dari mengajarkan mereka untuk mandiri hingga saling menghargai.

Setiap anak memang memiliki kepribadian yang berbeda, orang tua juga memiliki cara yang berbeda dalam mengasuh mereka. Ada yang gampang ada yang penuh tantangan.

Apalagi Era teknologi yang menjadikan orang tua harus ekstra dan berhati-hati agar anak tidak tumbuh dalam kebiasaan salah bahkan meniru hal-hal yang tidak semestinya.

Tips Parenting Anak Menjadi Mandiri dan Kepribadian Positif

1.      Menjadi Contoh yang Baik Bagi Anak

Baca Juga: Tidak Hanya Ibu, Peran Ayah Juga Penting Bagi Perkembangan Karakter Anak

Tips parenting pertama yang perlu dilakukan orang tua adalah dengan menjadi sosok yang patut dicontoh anak, tidak hanya dengan mengarahkan atau menyuruh mereka.

Seperti ajakan “Yuk, sholat jamaah bersama” bukan hanya dengan perintah “Nak, sana sholat jamaah di musholla” dan kita sebagai orang tua masih asik bermain handphone atau melakukan aktifitas tertentu tanpa ada tanda-tanda pergi sesuai dengan perintah yang ia berikan pada anak.

Ajakan yang dilakukan akan membuat anak lebih logowo, kita juga mempraktekkan sosok yang memang patut dicontoh anak.

2.      Biasakan Untuk Ikut Berperan dalam Pekerjaan Sehari-hari

Baca Juga: 7 Tanda Orang Tua Narsis, Salah Satunya Sering Bandingkan Anak

Kedua, biasakan anak untuk ikut serta dalam pekerjaan sehari hari, karena dengan melakukan pekerjaan sehari-hari anak akan terlatih untuk mandiri.

Selain itu, rasa percaya diri mereka juga akan lebih meningkat, karena secara tidak langsung orang tua telah memberikan kepercayaan dan mereka merasa mampu melakukannya.

3.      Berikan Apresiasi Tapi Tetap Menasehati

Berikan apresiasi pada setiap pencapaian anak, agar anak tidak merasa minder. Namun, jangan berikan pujian secara berlebihan agar anak tidak mudah merasa puas dengan pencapaian yang diraihnya.

Pertama berikan apresiasi, kemudian berikan nasehat namun jangan sampai menyinggung sehingga menurunkan semangat dan daya juang anak.

Baca Juga: Kisah Bayi Baru Lahir diberi Bubur Beras Pisang, Ilmu Parenting Sangat Penting

Contoh “Wah, gambar kamu bagus, tapi kalau daunnya lebih lebat pasti akan lebih bagus lagi,” atau kalimat positif lainnya.

4.      Hindari Mengejek Pencapaian Anak

Masih bersangkutan dengan tips sebelumnya, sebaiknya hindari mengejek pencapaian anak, karena bagi anak pendapat orang tua adalah segala-galanya.

Jika kalian mengejek, secara tidak langsung juga kalian membunuh rasa percaya diri dan menumbuhkan perasaan minder bagi anak.

Ia akan cenderung merasa tidak puas dengan apa yang ia peroleh selama ini (dalam artian negatif) bahkan akan melakukan segala macam cara untuk mencapai keinginannya, baik cara yang buruk maupun cara yang baik demi mendapatkan apresiasi dari orang tua mereka.

Apalagi membandingkannya dengan pencapaian saudara, karena secara tidak sadar orang tua telah menumbuhkan rasa permusuhan kepada saudaranya sendiri.

5.      Berikan Kesempatan Anak Untuk Memilih

Memang pada dasarnya anak-anak memiliki pemikiran yang tidak dewasa, mereka belum memahami konsekwensi dari apa yang dipilihnya.

Tapi sebagai orang tua kita tidak bisa semena-mena mengatur semua hal dalam kehidupan anak, biarkan mereka untuk memilih.

Kita hanya perlu mengarahkan jika mereka melangkah dijalan yang kurang benar, berikan pengertian secara perlahan untuk meyakinkan mereka.

Dampak buruk dari pola asuh orang tua yang memangsa akan membuat anak menjadi plin-plan karena mereka tidak mampu memutuskan.

6.      Tidak Semua Keinginan Harus Dituruti

Sudah menjadi hal wajar jika kita ingin menuruti semua kemauan anak, apalagi jika kita mampu untuk membelinya.

Namun, sebaiknya tidak semua keinginan anak dituruti, selain keinginan yang tidak baik yang tidak boleh dituruti terlalu sering menuruti juga menjadikan bahaya.

Mereka akan menjadi orang yang sulit mengambil keputusan, merek juga akan menjadi orang yang manja dan tidak mengerti apa arti berjuang.

7.      Jangan Malu Untuk Terus Belajar Menjadi Orang Tua Terbaik

Terakhir, jangan malu untuk terus belajar, karena dengan belajar kita bisa mengerti apa yang terbaik bagi anak kita.

Masa depan negara, bangsa, agama berada dari tangan kecil mereka, apabila kita salah mendidiknya jangan salahkan jika kemunduran yang didapatkan.

Sekian, informasi tips parenting ini, tetap semangat dan semoga bermanfaat.

Sumber:

Lifestyle.kompas.com dan filema.com