3 Tahun, Pemda Sudah Bedah 1.704 Rumah Warga Miskin Lutra

bedah rumah

Terkini.id, Masamba – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mengurangi jumlah rumah tidak layak huni di Luwu Utara, salah satunya melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah yang dimulai sejak tahun 2017 hingga saat ini.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKP2) Kabupaten Luwu Utara, Syamsul Syair mengatakan pada tahun 2017, program ini menjangkau sebanyak 340 unit rumah tidak layak huni melalui sharing pendanaan yang bersumber dari APBN sebanyak 200 unit dengan anggaran Rp3 Milyar sedangkan APBD sebanyak 140 unit dengan anggaran Rp.2,1 Milyar.

Sementara di tahun 2018, kata dia dibangun sebanyak 645 unit melalui APBN sebanyak 180 unit dengan anggaran Rp2,7 Milyar dan APBD sebanyak 165 unit dengan anggaran Rp2,4 Milyar ditambah sumber dana program NAHP (National Affordable Housing Program) Bank Dunia sebanyak 300 unit dengan anggaran Rp4,5 Milyar.

Menurutnya, tahun 2019 lalu, dibangun sebanyak 719 unit melalui APBN sebanyak 505 unit dengan anggaran Rp7,9 Milyar dan APBD sebanyak 214 unit dengan anggaran Rp3,2 Milyar.

“Total program bedah rumah selama 3 tahun terakhir sebanyak 1.704 unit dimana APBN sebanyak 885 unit dengan anggaran Rp13,6 Milyar, APBD sebanyak 519 unit dengan anggaran Rp7,7 Milyar dan Program NAHP (National Affordable Housing Program) Bank Dunia. Sedikitnya sebanyak 300 unit dengan anggaran Rp4,5 milyar,” terangnya.

Lanjut Syamsul menambahkan bahwa program ini merupakan bukti nyata bahwa pemerintah hadir dalam penyediaan hunian yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan dengan memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman,” bebernya.

Masih kata dia, pelaksanaan bedah rumah yang tersebar di kecamatan, dalam pelaksanaannya dilakukan oleh masyarakat dengan membentuk kelompok untuk memperbaiki atau membangun rumah secara gotong royong.

“Selain mengedepankan nilai gotong royong, dalam proses pembangunan rumah swadaya juga mendorong terwujudnya,” tutupnya.

Komentar

Rekomendasi

Syaharuddin Alrif Serahkan Surat Rekomendasi NasDem ke Tahar-Rahmat

Tahar Rum Gandeng Rahmat Laguni di Pilkada Luwu Utara

Wakil Gubernur Sulsel Kunjungi Lokasi Wisata Maipi

Waspada Virus Corona, Bupati Luwu Utara Keluarkan Surat Edaran

Rayakan Ulang Tahun ke-43, Bupati IDP: Ingin Terus Menjadi Manusia Bermanfaat

Kabar Gembira, Kompleks Perumahan Bumi Tanalili Permai Bakal Dibeton

Indah Putri Indriani Pasang Papan Peneng BSPS di Lutra

BMKG Prediksi Angin Monsun Bakal Melintas di Sulsel, Berikut Himbauan Bupati Lutra

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar