5 Tips Desain Undangan Pernikahan Unik untuk Calon Pengantin

Terkini.id – Undangan pernikahan adalah hal pertama yang dilihat oleh tamu undangan sebelum mereka datang ke acara pernikahan. Karenanya, kita perlu membuat undangan pernikahan yang menarik.

Kini ada banyak jenis, macam, dan bentuk dari undangan pernikahan. Mulai dari contoh undangan pernikahan cetak maupun digital. Semuanya ada.

Desain undangan pernikahan juga bermacam-macam lengkap dengan berbagai ornamennya. Sehingga, tidak menjadi alasan bagi kita untuk membuat undangan yang tidak menarik dan membosankan.

Walau begitu, kita tidak bisa asal-asalan saja memilih desain undangan. Kita juga perlu untuk berkreasi sesuai dengan aturan yang ada. Tidak tertulis, tapi sungguh tips berikut ini bisa membuat undangan pernikahan menjadi lebih menarik lagi.

Berikut adalah tips membuat desain undangan pernikahan yang bisa dibuat. Jangan sampai calon tamu undangan jadi tidak datang hanya karena undangan yang tidak sesuai ya.

1.    Gaya Undangan

Foto: iStock

Berbarengn dengan lokasi dan waktu pernikahan, kita juga bisa menentukan tema dan gaya dari undangan tersebut. Hal ini sangat penting agar pesta pernikahan sangat memiliki ciri khasnya tersendiri.

Kita perlu menentukan gaya yang diusung dalam pesta pernikahan apakah klasik, elegan, kasual, modern, atau tradisional. Dari sana, kita kemudian bisa menentukan ingin desain kartu undangan yang seperti apa.

Kita bisa menentukan corak, bentuk, bahan, desain, ukuran, dan berbagai hal lainnya tentan undangan setelah menentukan gaya yang diinginkan. Membuat proses pembuatan desain undangan menjadi lebih mudah dan teratur.

2.    Warna Undangan

Foto: iStock

Sama seperti gaya undangan, warna undangan sebaiknya juga disesuaikan dengan tema dari pesta pernikahan. Kita biasanya akan diminta untuk menentukan warna yang dominan di pesta pernikahan. Nantinya, warna tersebut akan digunakan sebagai dekorasi, warna pakaian pengantin, warna ornamen, dan juga bisa digunakan sebagai warna undangan pernikahan.

Warna-warna elegan biasanya adalah warna putih, gading, krim, yang dipadukan dengan font berwarna perak, emas, atau bahkan hitam kilap. Pastikan saja warna dasar undangan sesuai dengan warna pernikahan, dan tidak senada dengan font, karena bisa menyebabkan undangan menjadi sulit dibaca.

3.    Bentuk dan Ukuran Undangan

Foto: iStock

Ukuran undangan juga sangat menentukan desain dan gaya undangan. Biasanya, ukuran persegi panjang undangan 20 x 10 cm. Tapi, kita bisa berkreasi sesuai dengan keinginan kita sendiri. Bahkan kita bisa mengubah bentuknya juga.

Apakah undangan berbentuk lingaran, setengah lingkaran, segitiga, atau undangan bentuk lainnya. Semuanya bebas dikereasikan.

Hanya saja perlu diingat bahwa undangan harus tetap cukup untuk berisi informasi undangan. Tidak hanya itu, undangan juga harus mudah untuk dibaca.

4.    Font Undangan

Setelah menentukan warna, ukuran, dan juga bentuk, selanjutnya yang harus dipilih adalah font. Teks yang dipilih haruslah mudah untuk dibaca, tapi tidak terlihat murah dan terlalu simpel.

Jangan menggunakan font standar tulisan seperti Arial, Times New Roman, atau Calibri. Font tersebut mudah dibaca, tapi sangat tidak spesial dan tidak cocok untuk ada di dalam undangan.

Pakailah font tulisan sambung, kaligrafi yang indah, tapi tetap bisa terbaca dengan mudah oleh para tamu undangan.

5.    Tata Letak Undangan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam desain undangan adalah membuat undangan tidak terlalu penuh.

Informasi yang harus ada saat pernikahan adalah waktu, tempat, tanggal, jam, nama mempelai, orang tua mempelai, dan informasi reservasi juga dress code jika ada. Sisanya, adalah hal yang tidak terlalu penting untuk ada di dalam undangan.

Karenanya, jangan sampai memasukkan berbagai hal mulai dari kata mutiara atau hal lainnya. Karena bisa membuat undangan terlihat sesak dan penuh juga berantakan.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Berkebun di Rumah Selama social distancing Pandemi Covid-19

Aktor ini Tulis Puisi untuk Jurnalis Tangguh yang Meliput Wabah Corona

Penyandang Disabilitas di Makassar Produksi Masker Atasi Kelangkaan di Tengah Wabah Corona

Ini Pesan dan Ajakan Aryo Wijoseno Guna Lawan Corona

Cegah Virus Corona, AMPHURI Bersama PCNU Bakal Gelar Doa dan Zikir

Syamsul, 10 Tahun Mengikis Gunung Pakai Linggis yang Ketiban Rezeki Umrah

Peringati Hari Kanker Sedunia, Karyawan Best Western Makassar Kenakan Pita

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Orang Pertama di Indonesia yang Diangkat Jadi PNS

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar