Masuk

800 Warga Binaan Rutan Makassar Jalani Vaksinasi Covid-19, Sulistyadi: Kami di Sini Selalu Tekankan Disiplin Prokes

Komentar

Terkini.id, Makassar – Rutan Kelas I Makassar menggelar vaksinasi dosis pertama gelombang kedua bagi 800 warga binaan. Jenis vaksin yang diberikan adalah sinovac, Sabtu 28 Agustus 2021.

Kepala Rutan Kelas I Makassar, Sulistyadi
mengatakan vaksinasi ini terselenggara atas bekerjasama Komisi IX DPR RI dengan menggandeng Poltekes dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar. Jumlah vaksinator yang dilibatkan sebanyak 70 orang termasuk petugas skrining dari Rutan dan Lapas Makassar. 

Menurut dia, program vaksinasi ini disambut antusias oleh warga binaan. Terbukti sejauh ini, 75 persen warga binaan dari total 1600 penghuni telah menjalani proses vaksinasi. 

Baca Juga: Begini Cara Aliyah Mustika Ilham Kenalkan Pencegahan Stunting Lebih Dini

“Sebelumnya 362 orang warga binaan telah tuntas menjalani vaksinasi tahap I dan II yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan kota Makassar. Jadi, dengan gabungan hari ini sudah ada hampir 1200 orang warga binaan dari total 1600 yang telah menjalani vaksinasi,”ujarnya.

“Harapan kami dengan persentase yang sudah 75 persen bisa secara langsung membentuk herdimunity warga binaan,” sambungnya. 

Hingga hari ini, Rutan Makassar terus menggalakkan penerapan protokol kesehatan yang ketat agar memutus dan mencegah penyebaran penularan Covid-19. 

Baca Juga: Anggota DPR Aliyah Mustika Ilham Ungkap Pemicu Terjadinya Sunting

“Kami upayakan warga binaan tidak ada yang terkena virus ini. Untuk itu petugas kami tekankan untuk disiplin protokol kesehatan. Kalau ada petugas yang bergejala langsung diarahkan untuk periksa kesehatan dan jika perlu WFH,” jelas Sulistyadi. 

Selain itu, kata dia pencegahan juga diimbangi dengan pembagian multivitamin dan masker baik kepada petugas maupun warga binaan. 

“Kami bagikan setiap bulan, apalagi untuk warga binaan kami rutin periksa kesehatannya secara bergilir setiap hari di blok hunian langsung oleh Tim Pabburata Klinik DR. Saharjo Rutan Makassar,” ungkap Karutan 

Untuk tahanan baru, dengan tegas sesuai perintah Dirjenpas bahwa penerimaan tahanan baru harus dipastikan bebas dari Covid-19.