Akhiri Rapat Persiapan Perkuliahan, Direktur Polbangtan Gowa Berpesan Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

Rapat Pembahasan Persiapan Perkuliahan

Di jaman sekarang pada era digital, teknologi merupakan sesuatu yang sangat sulit dihindari. Hal ini berdampak pada sistem pendidikan. Salah satunya kampus Polbangtan Gowa yang menerapkan sistem pembelajaran secara daring di tengah wabah covid-19 dengan menggunakan aplikasi smart campus.

Smart Campus hadir akibat sistem yang menggunakan teknologi dan internet sebagai perantaranya. Smart Campus atau kampus yang smart diharapkan menjadi kampus yang dapat mencerdaskan mahasiswa dengan sistem yang dikelola oleh IT. Bukan berarti smart campus merupakan kampus yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa pintar atau tenaga pengajar yang dapat mencerdaskan mahasiswanya. Namun smart campus adalah kampus yang memadukan, mengkombinasikan, menggabungkan dan mengimplementasikan proses belajar mengajar dengan menggunakan teknologi informasi. Sehingga semua sistem yang menunjang proses belajar mengajar juga menggunakan teknologi dengan sistem yang dapat diterapkan mulai dari sistem penerimaan mahasiswa baru, sistem akademik kampus, dan sistem ujian online.

Bertempat di Arthama Hotels Losari Makassar, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa melakukan penutupan rapat “persiapan pembelajaran semester ganjil 2020/2021, dan strategi pembelajaran daring melalui aplikasi smart campus” yang dihadiri oleh 105 peserta yang terdiri dari dosen, calon dosen, PLP dan Calon PLP serta tenaga teknis Polbangtan Gowa, Kamis (17/09).

Mufidah selaku ketua panitia mengatakan “rencana perkuliahan semester ganjil 2020/2021 akan dimulai pada 5 Oktober 2020 secara daring menggunakan smart campus. Smart campus tidak hanya untuk kuliah secara teori saja tetapi digunakan untuk praktek dengan 3 model yakni praktik mandiri, hangs-on, dan magang mandiri. Pembelajaran teori dan praktik secara daring menggunakan sarana aplikasi Jitsi meet, youtube channel, dan active presenter”.

Selanjutnya Syaifuddin selaku Direktur Polbangtan Gowa menyampaikan arahan sekaligus penutupan dari acara ini. Arahan dari pak menteri pertanian yakni produksi dan produktivitas harus ditingkatkan dan kegiatan terus diperbaharui. Kementerian pertanian harus terbuka kepada masyarakat khususnya produksi tanaman. 

Menarik untuk Anda:

Berbeda dari yang lalu-lalu, kita berada di pendidikan vokasi yakni petani yang terampil dan berhasil bisa di undang untuk memberi kuliah dan praktik di Polbangtan Gowa. Dan perintah pak menteri dan kepala badan yakni usahakan semua orang terbaik di negeri ini di undang masuk mengajar di Polbangtan” pak Syaifuddin.

Terakhir, Syaifuddin mengatakan kepada para dosen dan PLP untuk meningkatakan kinerja dan mengharapkan inovasi-inovasi baru dalam proses pembelajaran baik secara teori maupun praktik, tingkatkan kualitas pembelajaran. Saya juga tentunya berharap metode daring  tidak akan mengurangi esensi dari pembelajaran seperti biasanya sehingga tidak merugikan mahasiswa, tutupnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tetap Produktif di Masa Pandemi, Ini yang Dilakukan Himatep FIP UNM

Perayaan Semarak Bulan Bahasa, Himaprodi PBSI UNM Bagi Masker dan Gelar Seminar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar