Masuk

Akses Jalan Menuju MNP Belum Memadai, Ketua ALFI Sulselbar Minta Perhatian Pemerintah

Komentar
DPRD Kota Makassar

Terkini.id, Makassar – Akses jalan menuju Makassar New Port sejauh ini belum memadai bagi kendaraan kontainer. Hal itu dinilai menjadi penghambat pengangkutan barang logistik.

Ketua DPW ALFI/ILFA Sulselbar, Syaifuddin Saharudi menyebut dengan terbangunnya Makassar New Port, pemerintah juga membangun akses cepat menuju pelabuhan.

“Kita selalu pengguna jasa mengharapkan tumbuhnya volume barang logistik di Makassar,” kata Syaifuddin, Senin, 18 Januari 2021.

Baca Juga: Peletakan Batu Pertama Proyek Akses Tol Makassar New Port

Syaifuddin menyampaikan pihaknya sangat berharap ada perhatian atau atensi dari pemerintah terkait agar akses atau jalan masuk ke MNP bisa segera diperbaiki. Hal itu agar para pengusaha logistik bisa lebih mudah untuk mengangkut barang mereka masuk ke MNP. 

”Kami berharap dan punya mimpi dengan terbangunnya MNP pihak operator dan pemerintah cepat membangun akses sepanjang jalan menuju ke MNP,” kata Syaifuddin.

Kendati begitu, Ipho, sapaannya, menyampaikan kondisi sarana infrastruktur pelabuhan telah memadai, hanya saja akses jalan menuju ke MNP menjadi persoalan.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Makassar New Port Membengkak, Ada Lahan Warga Tak Masuk Hitungan

Akses yang harus dilalui seperti Jalan Cakalang, Tinumbu, Galangan Kapal dan Jalan dari arah tol, serta Jalan Teuku Umar belum memadai.

”Karena kita sama-sama mau agar jalanan menuju ke MNP itu bagus, maka volume barang akan tumbuh dan menjadikan Makassar sebagai hub Indonesia Timur,” tuturnya. 

Selain itu, Ipho juga menyinggung soal inovasi, kreativitas, dan kolaborasi dalam menghadapi kondisi ekonomi saat ini. 

”Dan tentunya kita sama-sama beralih dari konvensional menuju ke digitalisasi. Di pelabuhan juga saat ini itu sudah diterapkan dan kita rasakan manfaatnya,” ungkapnya.

Baca Juga: Peletakan Batu Pertama Tol Akses MNP Target Akhir Desember

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin berharap ada langkah-langkah nyata ke depan secara sitematis untuk menyelesaikan persoalan utama akses masuk MNP. Salah satunya pembesan lahan. 

“Saya minta Pak Sekda (M Ansar) untuk menginisiasi progres pembebasan lahan dengan berkoordinasi dengan Pelindo IV supaya kita segera mendapatkan kepastian dari pemilik lahan bahwa lahan tersebut bisa diserahkan sehingga pembangunan akses Tol Makassar New Port bisa lancar,” katanya.

Rudy mengatakan setiap negara berkembang, pelabuhan suatu pintu gerbang masuk yang sangat penting untuk investasi. 

Oleh karena itu, kesiapan infrastruktur pelabuhan sangat menentukan fungsionalitas di dalam mendukung arus investasi seperti logistik yang keluar masuk.

“Tentu Pelindo IV merupakan infrastruktur investasi yang sangat penting. Sehingga atas nama Pemerintah Kota Makassar kami mendukung upaya-upaya untuk mengembagkan pelabuhan ini secara terus menerus,” pungkasnya.