Akuntabilitas Kinerja Baik, Bulukumba Kembali Sabet SAKIP Award

Bupati Bulukumba menerima penghargaan SAKIP Award

Terkini.id, Yogyakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melakukan penilaian terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Melalui hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang dikemas dalam SAKIP Award 2019, Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan kepada sejumlah pemerintah daerah, termasuk Kabupaten Bulukumba, di Ballroom Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin 24 Februari 2020.

Bupati Bulukumba menghadiri penganugrahan SAKIP Award 2020

Menurut Inspektur Kabupaten Bulukumba, Andi Sri Arianti, berdasarkan hasil evaluasi SAKIP Bulukumba tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Bulukumba mendapat nilai 61,14 atau dengan predikat penilaian “B”.

“Meski predikat Bnya masih bertahan dari tahun 2018, namun nilainya meningkat dari angka 20,02,” ungkapnya.

Penilaian tersebut, lanjut Sri Arianti menunjukkan tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan capaian kinerjanya sudah cukup memadai, serta kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil sudah menunjukkan hasil yang baik.

SAKIP Award 2020

Sementara itu, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali yang menerima penghargaan dari Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengatakan, pencapaian predikat “B” tidak terlepas dari penerapan kegiatan yang mengedepankan efektifitas dan efisiensi.

Selain itu juga adanya sinkronisasi dan sinergitas semua perangkat daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan. Dirinya berharap kinerja yang sudah baik agar terus ditingkatkan.

“Kinerja pemerintah harus berorientasi hasil, serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” pintanya.

Pada momentum SAKIP Award tersebut, Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan untuk 190 Pemda di Wilayah III.

Wilayah ini meliputi 12 pemerintah provinsi, yaitu D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat, dan 178 Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah ke-12 provinsi tersebut.

Sekadar diketahui, dari 24 daerah di Sulawesi Selatan, hanya 10 yang memperoleh predikat B, yaitu Makassar, Sinjai, Luwu Utara, Gowa, Bantaeng, Pinrang, Bulukumba, Maros, Luwu Timur, dan Bone.

Komentar

Rekomendasi

Bupati Bulukumba Apresiasi DPP KKB Cegah Covid-19

Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Mengaku ODP, Karena Ini

Lakukan Isolasi Mandiri, Ini Imbauan Wakil Bupati Bulukumba

PDP Rujukan Asal Bulukumba yang Meninggal di RS Wahidin Negatif Corona

Bocah Penderita Tumor di Bulukumba Dapat Bantuan Kandidat Bupati

Kunjungi Kampung Nelayan Para Para, Andi Utta Ingin Majukan Sektor Perikanan

Tomy Satria-Andi Makassau Resmi Kantongi Rekomendasi PKB

Terpilih Kembali Jadi Kades Bonto Haru, Baharuddin Berterima Kasih kepada Warga

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar