Empat Tahun Pimpin Bulukumba, Ini Capaian ST15

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali dan Tomy Satria Yulianto saat pelantikan 4 tahun silam / ist

Terkini.id, Bulukumba – AM Sukri Sappewali dan Tomy Satra Yulianto genap empat tahun menjadi pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba. Keduanya dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati pada 17 Februari 2016 lalu di Halaman Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

Pasangan yang dikenal dengan ST15 ini ditetapkan oleh KPU sebagai pemenang Pilkada pada 2015 silam dengan raihan Suara 60.517 suara dari lima kandidat calon bupati yang mengikuti kontestasi demokrasi saat itu.

Bupati dan Wakil Bupati beserta Ketua TP PKK Kabupaten Bulukumba

Disebutkan selama empat tahun menahkodai kabupaten berjuluk Butta Panrita Lopi ini, tentu tidak bisa dikatakan baik-baik saja.

Kritikan dan masukan terus mengalir terhadap pemerintahan periode ini meski menoreh berbagai penghargaan di berbagai bidang.

Namun demikian, tentu banyak hal yang telah dilakukan oleh orang nomor satu dan orang nomor dua di Bulukumba ini dalam menjalankan tugas pemerintahanny, uamanya di tahun ke empat.

Visi dan Misi Sukri-Tomy diharapkan dapat terealisasi hingga 80 persen.

Tentunya, raihan ini dicapai berkat dukungan dan kerjasama seluruh elemen, khususnya dari lembaga legislatif dan masyarakat Kabupaten Bulukumba.

Penyerahan dana bantuan bawahan ke Bupati Bulukumba oleh Gubernur Sulsel di hari jadi ke-60 kabupaten Bulukumba

Beberapa capaian dapat disebutkan, seperti hadirnya Public Safety Center (PSC) 119 yang merupakan layanan kesehatan yang terjuun langsung ke rumah-rumah warga.

Cukup dengan menghubungi hotline telepon 119. Di sektor pertanian, pemerintah menghadirkan dan menyalurkan 2 ribu hektare asuransi pertanian bagi  petani yang gagal panen.

Pemerintah saat ini juga berhasil menekan angka kemiskinan. Angka tersebut menurun dari tahun 2015 dii angka 9,15 persen menuju angka 7,26 persen di tahun 2019.

Bupati Bulukumba AM sukri Sappewali pada beberapa kesempatan membeberkan ada 25 program prioritas yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021.

Program prioritas tersebut adalah penjabaran dari visi dan misi saat menjadi peserta Pilkada 2015 yang lalu.

Menurut Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Feryyawan Fahmi, jika 25 program yang tertuang di dalam RPJMD 2016-2021, sudah hampir terpenuhi.

“Terkait pembangunan museum dan gedung kesenian telah dialokasikan anggarannya di tahun 2020 ini.  Dan yang terpenting di tahun 2020 ini telah di alokasikan dana kelurahan bagi 20 kelurahan di Kabupaten Bulukumba,” ungkap Feryyawan.

Di sisi lain, Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengakui, di masa pemerintahannya bersama AM Sukri Sappewali masih banyak hal yang perlu diselesaikan bersama.

Ia mengaku bahwa dirinya bersama Bapak Bupati Bulukumba bukanlah pemimpin yang sempurna.

“Tidak ada pemimpin yang ingin dihujat oleh rakyatnya. Itulah sebabnya kami senantiasa bekerja keras untuk memastikan program kegiatan akan kami teruskan dalam sisa waktu periode ini yang akan berakhir pada tahun 2021,” beber Tomy.

Gubernur Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah resmi menutup Kejuaraan Sepak Bola KKB Cup I Tahun 2020 di Lapangan Bola Andi Sultan Daeng Radja Ponre Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Senin 3 Januari 2020.

Lebih jauh, Tomy membeberkan, di masa pemerintahannya lebih banyak memperbaiki pelayanan dasar sebagai bagian merespon keinginan masyarakat agar lebih dekat.

Hal tersebut pun mendapat pengakuan dari Kementerian Dalam Negeri sebagai Pemerintah Kabupaten yang menempati posisi 8 dengan Kinerja Tertinggi secara nasional.

“Dengan empat tahun kepemimpinan kami, saya tetap memohon doa dan dukungan masyarakat, agar masa pemerintahannya bisa diselesaikan dan dilanjutkan di masa mendatang,” pungkasnya.

Komentar

Rekomendasi

Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Mengaku ODP, Karena Ini

Lakukan Isolasi Mandiri, Ini Imbauan Wakil Bupati Bulukumba

PDP Rujukan Asal Bulukumba yang Meninggal di RS Wahidin Negatif Corona

Bocah Penderita Tumor di Bulukumba Dapat Bantuan Kandidat Bupati

Kunjungi Kampung Nelayan Para Para, Andi Utta Ingin Majukan Sektor Perikanan

Tomy Satria-Andi Makassau Resmi Kantongi Rekomendasi PKB

Terpilih Kembali Jadi Kades Bonto Haru, Baharuddin Berterima Kasih kepada Warga

Restui Arum Spink di Pilkada Bulukumba, RMS: Segera Pasang Baliho

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar