Alasan Kementerian Keuangan Mengapa Zakat Perlu Dikelola Seperti Pajak

Terkini.id, Solo – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo berharap agar pengelolaan zakat diterapkan seperti pajak. Apabila pajak ada NPWP, maka zakat ada NPWZ (Nomor Pokok Wajib Zakat).

“Bagaimana pengelolaan zakat itu seperti pajak. Kalau di pajak itu ada NPWP maka tidak ada jeleknya kalau ada NPWZ,” ungkap dia pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Zakat 2019 di The Sunan Hotel, Solo, Jawa Tengah 05 Maret.

Pada kesempatan yang diselenggarakan oleh BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) bertema Mewujudkan Sistem Pengumpulan Zakat seperti Pajak tersebut, Wamenkeu menjelaskan dengan adanya NPWZ maka pembayaran zakat bersifat mengikat dan terukur karena menggunakan data teknologi informasi.

Wamenkeu berharap dengan NPWZ, zakat pun bisa memberikan suatu tempat untuk sumber pembiayaan secara nasional.

“Zakat betul-betul dikelola seperti pajak yang bisa memberikan program bagus sehingga zakat sebagai komplementeri sumber pembiayaan pembangunan,” harap dia.

Selanjutnya, Wamenkeu juga menegaskan agar memperbaiki zakat payer accounting seperti yang dikenal di pajak dengan tax payer accounting.

“Supaya betul-betul akuntansinya baik maka ada zakat payer, tercatat dan kalau perlu mereka diminta untuk menyampaikan SPT, surat pemberitahuan zakatnya sehingga mereka tahu hartanya banyak tapi zakatnya kecil,” tegas Wamenkeu.

Wamenkeu menjelaskan bahwa untuk mengoptimalkan penerimaan zakat seperti pajak, maka di kantor-kantor BAZNAS daerah harus ada AR (Account Representatives) seperti di kantor pajak, sehingga potensi zakat dapat betul-betul terlihat.

“Account representative di daerah-daerah yang betul-betul melihat mencari, mapping untuk kebaikan umat jadi nggak ada masalah,” pungkas Wamenkeu.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Opini

Astaga, 20 Ribu Ton Beras Dibuang

Perum Bulog menyatakan akan membuang 20 ribu ton cadangan beras pemerintah yang ada di gudang mereka. Nilai beras tersebut mencapai Rp160 miliar.Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri
Opini

Sang Muatiara Itu – 4

BIASANYA saya membagi kategori sunnah baik secara fungsional maupun secara substantif dalam kehidupan manusia kepada empat bagian. Sunnah dalam urusan teologi (akidah keimanan). Sunnah
Health

Maulina Moli

INILAH wanita paling bahagia saat ini: Maulina. Putri seorang jendral bintang tiga. Ibu seorang anak kecil. Pengusaha tas wanita.Yang membuatnyi sangat happy adalah ini:
Opini

Sang Mutiara Itu – 2

HUBUNGAN antara seorang Mukmin dan Rasulnya bukan hubungan biasa. Tapi hubungan di atas segalanya, setelah Allah SWT tentunya. Hal yang menjadikan banyak pihak terkejut-kejut
Opini

Harapan Baja Krakatau Steel

MASIHKAH ada harapan untuk Krakatau Steel?Tidak mudah.Tapi masih ada anak usaha KS yang labanya besar: pelabuhannya masih bisa laba Rp 200 miliar setahun.Pelabuhan itu
Opini

Teka-teki Skenario Akhir Demo di Hong Kong

TEKA-teki skenario akhir demo di Hongkong terjawab. Minggu malam lalu.Malam itu kelompok radikal kembali ke markas mereka: di The Hong Kong Polytechnic University. Jumlahnya