Aliyah Mustika Ajak Remaja Ikut Program KB

Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, menggelar sosialisasi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE), bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan.

Terkini.id,Makassar – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, menggelar sosialisasi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE), bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan.

Sosialisasi tersebut diikuti ratusan warga yang digelar di Kompleks Perumahan Aroepala, Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Jumat 5 April 2019.

Dalam arahannya, mantan Ketua Penggerak PKK Kota Makassar tahun 2004-2014 ini mengajak kaum millenial atau generasi muda untuk mengikuti Program KB.

“Program KB itu tidak identik dengan Ibu yang menunda kehamilan atau membatasi jumlah anak, tapi juga bagaimana merencanakan masa depan kita dengan baik, terutama bagi anak remaja atau yang masih duduk di bangku sekolah,” kata Isteri Ilham Arief Sirajuddin (IAS) ini.

“Olehnya itu, saya harapkan kepada seluruh anak-anakku ayo rencanakan masa depan kita dengan baik, bapak dan ibu juga jangan dulu kasi buru-buru menikah anak kita, sekolahkan dulu mereka hingga ke bangku perguruan tinggi, terus bimbing mereka sampai mendapatkan pekerjaan yang baik, kalau sudah itu Insya Allah mereka sudah siap untuk menikah dan mengemban amanah rumah tangga,” tambah Aliyah.

Sementara, Sementara, Kepala Bidang Advokasi dan Informasi BKKBN Sulsel, Amirullah Hamzah yang hadir sebagai pemateri mengungkapkan, pernikahan usia muda juga akan berdampak pada masalah risiko kandungan.

“Kalau perempuan usia dibawah 20 tahun mengandung anak, ini akan berdampak pada risiko masalah kandungannya. Sangat berbahaya dan rawan terkena penyakit kanker serviks,” ujar Amirullah Hamzah.

Selain itu, Amirullah mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ikut pada kegiatan ini untuk menghindari empat terlalu.

“Pertama terlalu muda melahirkan yang tadi saya jelaskan. Yang kedua terlalu tua, nah ini juga sangat berisiko terhadap kandungan, usia diatas 35 tahun kalau bisa berhentimi melahirkan karena risiko kanker rahim sudah menghantui kita. Ketiga dan keempat adalah terlalu sering dan terlalu dekat jaraknya, ini semua dampaknya sangat berbahaya bagi ibu dan anaknya,” tuturnya.

Tokoh masyarakat kelurahan Tamangapa, Sukman Baharuddin, yang hadir pada kegiatan ini mengatakan, sosialisasi yang digelar Aliyah Mustika bersama BKKBN Sulsel sangat bermanfaat bagi warga.

“Sejak awal saya dengar tadi materinya sangat bermanfaat, kita semua diberi edukasi tentang bagaimana mengatur masa depan keluarga kita dengan baik, begitu juga dengan anak-anak kita diimbau agar sekolah baik-baik dan tidak buru-buru menikah,” kata Sukman.

Komentar

Rekomendasi

Peduli Wabah Corona, JMS Care Bagi-bagi Masker dan Hand Sanitizer Gratis

Fadli Ananda: Keputusan KPU Menunda Pilkada Sangat Tepat

Anggota DPR RI AMI Perjuangkan Nasib Rakyat Terdampak Corona

Ikuti Rapid Test, Politisi Golkar JMS Negatif Covid-19

Perangi Covid-19, Golkar Sulsel Bagikan Hand Sanitizer dan Masker ke Masyarakat

Pilkada Serentak 2020 Akan Ditunda, KPU Makassar: Kami Tunggu Perintah

KSPI: DPR Jangan Coba-Coba Bahas Omnibus Law di Tengah Pandemi Corona

Soal Penginapan bagi Nakes Covid-19, Anggota Komisi IX DPR RI AMI Gelar Rakor

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar