Amien Rais Klaim Adanya Kemiripan Antara Rezim Orde Baru dengan Rezim Jokowi

Terkini.id, Jakarta – Pendiri Partai Ummat Amien Rais mengklaim adanya kemiripan antara rezim Orde Baru dengan pemerintahan Presiden Jokowi. Hal ini dinilai karena menurutnya DPR, DPD, MPR hampir mutlak mengikuti arahan dari Presiden Jokowi.

“Ada kemiripan sangat kuat antara rezim Orde Baru dan rezim Jokowi sekarang dalam banyak hal,” kata Amien Rais di kanal YouTube-nya pada Sabtu 27 November 2021.

Selanjutnya, mantan Ketua MPR itu menjelaskan kemiripan tersebut seperti DPR, DPD MPR atau pergantian pimpinan TNI-Polri hampir mutlak mengikuti arahan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Soal Presidential Threshold, Pengamat: Bila Jokowi Mau, Ini Urusan Mudah

“DPR, DPD, MPR, hampir mutlak ikut arahan JokowiTour of Duty atau pergantian pimpinan TNI dan Polri,” kata Amien Rais.

Menurutnya, kemiripan itu nampak satu arah yakni membiarkan otoritarianisme Jokowi supaya berlangsung mulus.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tak Ingin Berandai-andai Terkait Pernyataan Jokowi Mengenai Kriteria...

Kemudian Amien Rais juga mengungkapkan adanya buzzer murahan yang dipelihara oleh rezim yang bertugas menyalak untuk mengacak-acak opini publik.

Seperti yang dilansir dari Pikiran Rakyat, Amien Rais mengatakan bahwa ada juga organisasi Islam yang memberi dukungan ke Presiden Jokowi.

“Organisasi-organisasi Islam yang besar makin budeg dan membisu melihat kezaliman yang muncul di berbagai bidang kehidupan. Banyak di antara mereka yang justru ‘sowan’ berkali-kali ke Istana,” katanya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tak Ingin Berandai-andai Terkait Pernyataan Jokowi Mengenai Kriteria...

Tidak sampai di situ, Amien Rais juga mengklaim hampir semua partai politik (parpol) sowan (menurut KBBI adalah menghadap kepada orang yang harus dihormati) ke Istana Negara.

“Hampir semua ketua partai sowan ke Istana. Mereka melantunkan lagu yang sama kira-kira: ‘Bapak Presiden sudah on the right track’. Maksudnya kira-kira: ‘Jangan khawatir Pak, kami dukung apa saja yang bapak rencanakan’,” jelasnya.

Bagikan