Ancaman KKB Papua: Kepulauan Yapen Akan Berubah Jadi Zona Darah
Komentar

Ancaman KKB Papua: Kepulauan Yapen Akan Berubah Jadi Zona Darah

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua pimpinan Plato Nurani melontarkan ancaman bahwa pihaknya akan merubah Kepulauan Papua dari zona damai menjadi zona darah.

Ancaman KKB Papua di Kepulauan Yapen itu disampaikan pimpinan mereka lewat video pernyataannya yang kini tengah viral di media sosial, Selasa 20 Desember 2022.

Dalam video itu, nampak komandan divisi KKB Papua Kepulauan Yapen tersebut mengaku bertanggung jawab atas penyerangan kepada pihak aparat Polri di Kilometer 1 Sabewa beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, ia menyerukan kepada seluruh warga Yapen agar tidak ikut-ikutan dalam operasi patroli yang dilakukan oleh pihak Kepolisian RI.

“Saya selaku komandan divisi yang bertanggung jawab atas penyerangan di Kilo 1 Sabewa, saya menyerukan kepada masyarakat di Papua, khusunya di Kepulauan Yapen agar tidak ikut-ikutan dengan aparat keamanan dalam operasi,” kata pimpinan KKB Papua di wilayah Yapen tersebut, seperti dikutip dari unggahan video akun Instagram @suarabergema2.id.

DPRD Kota Makassar 2023
Baca Juga

Ia pun nampak geram lantaran zona damai di Kepulauan Yapen telah diubah oleh aparat kepolisian. Maka dari itu, ia mengancam akan mengubah Yapen menjadi zona darah.

“Zona damai Yapen telah dirubah aparat kepolisian, maka dengan ini saya akan merubah menjadi zona darah,” ujarnya dengan nada tinggi.

Selain itu, komandan KKB Papua tersebut juga meminta seluruh perusahaan milik Indonesia di Kepulauan Yapen agar segera berhenti beroperasi.

Sebab, menurutnya, aparat keamanan telah menyusupkan intelijen di seluruh perusahaan itu untuk memata-matai gerakan KKB Papua.

“Seluruh perusahaan milik orang Nusantara (Indonesia) segera berhenti operasi di Yapen karena menyusupkan intelijen sebagai karyawan untuk mematai-matai kami,” tegasnya.