Antisipasi TBC, SSR Aisyiyah Sidrap Gelar Pelatihan Kader 

Sub-Sub Recipient (SSR) Aisyiyah Kabupaten Sidrap menggelar pelatihan kader di Wisma Trimurti Pangkajene Sidrap, Senin 8 April 2019.

Terkini.id,Sidrap – Sub-Sub Recipient (SSR) Aisyiyah Kabupaten Sidrap menggelar pelatihan kader di Wisma Trimurti Pangkajene Sidrap, Senin 8 April 2019.

Acara dibuka Ketua Aisyiyah Sidrap Hj Aryani. Dalam sambutannya, Hj Aryani mengaku sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan yang berlangsung dari tanggal 8 hingga 10 April 2019 mendatang.

“Sejak berdirinya Aisyiyah hingga di usia yang sudah sekitar 104 tahun ini, memang konsisten bergerak di bidang penanganan masalah kesehatan terutama masalah Tubercolosis (TBC) ini,” jelasnya.

Aryani berharap peserta pelatihan bisa mengikuti kegiatan itu dengan cermat hingga selesai.

“Ikutilah acara ini dengan baik, sehingga setelah selesai bisa melaksanakan pendampingan terhadap penderita TBC di masyarakat dengan baik,”harap Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Kabupaten Sidrap ini.

Sementara itu, Koordinator SSR Aisyiyah Kabupaten Sidrap, Salfiah Sanusi mengatakan pelatihan yang dilaksanakan ini mengingat bahaya TBC di masyarakat tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya penularan TBC itu sangat cepat.

“Penyakit TBC ini, ketika ada pengidap satu orang saja di masyarakat maka dia seperti gunung es yang bisa meledak kapan saja. Artinya kalau sudah ada yang terjangkit maka potensi penyebarannya sangat besar,” jelasnya.

Makanya kata Salfiah agar penyebaran TBC tidak cepat terjadi maka para kader SSR harus mampu mendeteksi sejak dini ketika ada warga yang terjangkit.

“Temukan jika ada penderita dan terus lakukan pendampingan biar tidak terjadi penularan. Inilah tugas kita bergerak cepat mendeteksi dan melakukan penanganan,” ujar Salfiah.

Untuk itulah sehingga Salfiah berharap para kader yang ikut pelatihan ini bisa menyimak materinya dengan seksama sehingga bisa diterapkan di masyarakat setelah selesai pelatihan tersebut.

” Ambil ilmunya dan terapkan di masyarakat,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini