Asnawi Mangkualam Harap Banyak Pemain Muda Indonesia yang Bermain di Luar Negeri

Terkini.id, Jakarta – Wakil Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam berharap akan ada banyak pemain muda Indonesia yang berani menerima tawaran bermain di luar negeri.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab kualitas pemain di liga luar negeri yang bagus akan membawa perkembangan yang baik pula pada Timnas Indonesia.

Asnawi mendukung para pemain Indonesia lainnya untuk berani meninggalkan zona nyaman dan merantau ke luar negeri.

Baca Juga: Kasihan, Shin Tae-young Diserang Warganet Usai Dikalahkan Thailand: Gagal Total,...

Bek kanan berusia 22 tahun itu merupakan pemain klub kasta kedua Korea Selatan, Ansan Greeners yang baru saja memperpanjang kontraknya selama dua tahun.

Bermain di kompetisi yang lebih bagus ketimbang Liga 1 di Indonesia memberi efek positif bagi Asnawi, baik dari segi teknik maupun mentalitas.

Baca Juga: Perjuangan Penuh Timnas Indonesia Menembus Permainan Solid Thailand

Dengan pengalaman berharga yang didapatkannya, ia tak ragu untuk mendorong rekan-rekannya di tanah air, terutama yang lebih muda, untuk mengikuti jejaknya merantau ke luar negeri.

“Ya, itu (main di luar negeri) bagus juga buat Timnas Indonesia. Saya harap pemain-pemain yang dapat tawaran jangan menolak hal itu, kan buat karier mereka apalagi mereka lebih muda dari saya,” kata Asnawi dikutip CNN.

“Dan saya harap mereka tidak menolak. Kalau bisa langsung terima saja berapa pun nominalnya (gaji) dan lain-lain. Risiko main di luar ya seperti itu. Kita harus berjuang dulu baru dapat hasil yang baik,”bebernya lagi.

Baca Juga: Perjuangan Penuh Timnas Indonesia Menembus Permainan Solid Thailand

Selama musim 2021 kemarin, yang merupakan debutnya di Negeri Gingseng, Asnawi dipercaya tampil 14 kali dan mengoleksi 1003 menit bermain di kompetisi K League 2 sebagaimana dilansir goal.com.

Begitu pun di gelaran Piala AFF 2020 kemarin, mantan pemain PSM Makassar tersebut juga menjadi andalan Pelatih Shin Tae Yong dan berperan besar dalam membantu Timnas Indonesia sebagai runner-up.

Bagikan