Bahas Isu Lingkungan Semasa New Normal, Makassar Digital Valley Adakan Green Class

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Flayer Undangan Sharing Session Green Class Makassar Digital Valley

Terkini.id, Makassar – Makassar Digital Valley, Telkom Indonesia telah menyelenggarakan kegiatan yang membahas seputar isu lingkungan, bernama Green Class. Kegiatan iniberlangsung pada Kamis, 25 Juni 2020 pukul 16.00 WITA, melalui Zoom video conference tadi.

Perlu diketahui, Green Class merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari program Green Network yang bertujuan mengedukasi dan belajar bersama masyarakat dalam menjaga alam khususnya lingkungan, namun tetap erat kaitannya dengan teknologi digital.

Green Class tadi menghadirkan Sarah Adipayanti selaku Learning Coordinator Kebun Kumara, dengan bahasan topik “Simple and Cheap DIY Garden“.

Kebun Kumara merupakan kebun pangan yang terletak di daerah Ciputat, Jawa Barat dengan berbagai program edukasinya dalam hal tanam menanam.

Program tersebut berupa, Workshop,Composting (membuat pupuk kompos), penjualan bibit, media tanam, serta pembuatan kebun pangan ke rumah-rumah masyarakat juga sekolah-sekolah.

Menarik untuk Anda:

Adapun yang perlu disiapkan dalam berkebun ialah komitmen untuk merawat tanaman, observasi terhadap media tanam, ketersediaan bibit, matahari dan air.

Perempuan yang akrab dipanggil Ara ini, mengemukakan tujuan dari pembuatan Kebun Kumara.

“Karena kita pengen punya wadah untuk tempat orang-orang sama-sama belajar dan lebih selaras dengan alam,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa, dengan berkebun dapat memberhentikan penyumbangan sampah organik yang nantinya berhenti di TPA atau akan berdampak pada laut di Indonesia.

Bagi kesehatan, berkebun bukan hanya menyehatkan dari segi fisik melainkan, berkebun dapat memacu salah satu hormon yang dapat membuat seseorang lebih bahagia. Apalagi di tengah pandemi saat ini, masyarakat sangat memerlukan hal-hal yang positif baik secara jasmani maupun rohani.

Menurut Sarah, berkebun bukan sekedar berkebun, tetapi berkebun ialah sebuah hubungan yang harus dirawat karena tanaman juga merupakan makhluk hidup. Oleh karena itu, ia membagikan tips-tips agar senantiasa konsisten dalam merawat sebuah tanaman.

Baginya, tanaman mengajarkan keberlimpahan, kesabaran, sharing, hingga menjadi motivasi untuk bangun pagi setiap harinya.

Kegiatan yang berakhir pukul 17.30 WITA tersebut, juga akan membahas topik-topik yang berbeda melalui Online Session Makassar Digital Valley selanjutnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Eksotisme TN Gandang Dewata Sebagai Destinasi Wisata Alam di Mamasa

Mahasiswa HMJ HES gelar Dialog Interaktif: Problematika Hukum Ekonomi Syariah

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar