Balitbangda Lutra dan Unhas Rintis Kerjasama Kelitbangan

Unhas dan Pemda Lutra lakukan kerjasama di bidang Kelitbangan

Terkini.id,Makassar – Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin (Unhas) merintis sebuah upaya kerjasama beberapa kajian atau kerjasama kelitbangan.

Rintisan kerjasama ini diharapkan menjadi model percontohan bagi daerah lain, dan rencananya akan dilaksanakan pada 2020 mendatang.

Bupati Indah Putri Indriani berkali-kali mengucapkan terimakasih kepada LP2M dan Balitbangda karena menggagas kerjasama yang menurutnya urgen dalam rangka mendukung pelaksanaan penelitian dan kajian di Lutra. “Saya kira apa yang kita lakukan ini adalah upaya dalam rangka meningkatkan daya saing daerah,” kata Indah di ruang Rapat LP2M Gedung PKP Unhas.

Indah berharap, kerjasama semacam ini bisa terus dikembangkan, tidak hanya antaruniversitas, antara government dan universitas, tetapi juga antara industri dan pengusaha itu sendiri.

“Kedepan bukan hanya universitas dan pemerintah, tetapi dari kalangan industri juga bisa dilibatkan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Balitbangda Luwu Utara, Anugerah M. Ali Anwar, mengatakan, rintisan kerjasama ini berangkat dari masalah keterbatasan anggaran dan SDM Peneliti yang dimiliki Pemda Luwu Utara. Untuk itu, kata dia, LP2M yang memang memiliki anggaran riset diharapkan bisa berkolaborasi dengan Pemda Lutra.

“LP2M membuka ruang itu dan kita menangkap peluang itu untuk berkolaborasi dengan mereka,” kata Anugerah.

Ia mengungkapkan, kerjasama ini melahirkan apresiasi, termasuk dari kalangan Dekan Fakultas dan para dosen di Unhas.

“Kita telah menginisiasi ini dan diharap menjadi model percontohan karena kita dianggap paling agresif menangkap peluang yang ada,” tandasnya.

Ikut hadir dalam Workshop ini, Wakil Rektor Unhas Bidang Ristek, Kepala LP2M Prof. Andi Alimuddin, para dekan, dosen, dan seluruh Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemda Lutra.

Berita Terkait