Bangun Ekonomi Umat, Masika ICMI Sulsel Dorong Milenial Berwirausaha

Masika icmi
Panitia Masikapreneur Business Talk 2019

Terkini.id, Makassar – Majelis Sinergi Kalam (Masika) Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sulawesi Selatan mendorong anak-anak muda atau kalangan milenial menggeluti dunia usaha. Untuk membangkitkan ekonomi umat.

“Ekonomi umat harus baik dan kuat jika tidak mau terus tertinggal dan terbelakang,” kata Ketua Masika ICMI Sulsel Ardiansyah S Pawinru, Senin 23 Desember 2019.

Ardiansyah mengaku, dengan berwirausaha, anak-anak muda tidak akan selalu bergantung kepada orang tua. Tidak melulu mencari pekerjaan.

“Tapi lebih maju lagi. Membuka lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Masyarakat yang ekonominya baik akan mudah mencari lembaga pendidikan yang berkualitas. Serta mengakses fasilitas kesehatan, tanpa harus bergantung kepada pemerintah.

“Usaha bisa apa saja. Apalagi sekarang zamannya serba mudah. Hanya dari rumah, orang bisa menghasilkan uang ratusan juta,” ungkapnya.

Masikapreneur Business Talk

Masika ICMI Sulsel akan menggelar Masikapreneur Business Talk 2019 di Kota Makassar, Selasa 24 Desember 2019.

Sekretaris Masika ICMI Sulsel Erwin Saputra mengatakan, bisnis yang bertumbuh adalah impian setiap pengusaha. Tapi realitas yang terjadi, bisnis mengalami fase naik turun.

Bisnis yang tidak mampu bertahan akan tutup. Penelitian di Amerika menemukan bahwa 75 persen perusahaan gagal berdiri karena tak mampu bertumbuh. Sementara di Asia angkanya 80 persen.

Di Indonesia terdapat 59,2 juta pelaku UMKM di Indonesia, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) melansir sebanyak 3,79 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sudah go online.

Setiap pengusaha ingin usahanya berkembang dan naik kelas. Usaha mikro bisa naik kelas menjadi usaha kecil, usaha kecil bisa menjadi usaha menengah, usaha menengah bisa naik menjadi usaha besar.

Tantangan kita adalah bagaimana menemukan ide bisnis yang bisa dibesarkan dan meningkatkan finansial, membuat strategi marketing yang efektif, menemukan konteks yang menarik, membangun personal branding yang kuat dan membangun strategi kolaborasi dengan kepemimpinan yang efektif.

“Karena itu Masika menggelar acara ini. Untuk membuka wawasan anak muda tentang peluang bisnis,” ungkap Erwin.

Kegiatan akan mengangkat tema: Grow Your Business With Collaboration, Millenial Leadership In Era 4.0

Akan hadir sebagai pembicara Sekjen OK OCE Herie Marjanto, Ketua Masika ICMI Sulsel Ardiansyah S Pawinru, dan CEO Fahma Global Industry Ismawan Amir.

“Akan ada tindak lanjut dari acara ini,” kata Erwin.

Komentar

Rekomendasi

Masika ICMI Makassar: Kas Masjid untuk Amal Jariyah Hadapi Covid-19

ACT Sulsel Kolaborasi Satgas IDI Makassar Tanggap Covid-19

Masika ICMI Sulsel Bagi Masker dan Cairan Hand Sanitizer ke Pengendara

Begini Respon AIESEC Indonesia Terhadap Wabah Covid-19

57 Organisasi dan Komunitas Berkontribusi dalam Aksi Bersama Bersih Pantai Tanjung Bayang

Peduli Covid-19, Jurnalis Makassar Bergerak Bantu Tenaga Medis dan Nonmedis

Di Tengah Wabah Covid-19, IJS Peduli Bantu Masjid di Lembanna Malino

57 Organisasi dan Komunitas Berkontribusi dalam Aksi Bersama Bersih Pantai Tanjung Bayang

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar