Bangun Sinergitas dan Komitmen, Balai Gakkum LHK Wilayah Sulawesi Gelar Rakor: Ini 4 Rumusannya

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Gorontalo-Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sulawesi menyelenggarakan Rapat Koordinasi yang bertujuan membangun sinergitas dan komitmen bersama dalam upaya pencegahan dan pemberantasan perusakan lingkungan hidup dan kehutanan di Provinsi Gorontalo. Jumat, 25 September 2020.

Selain dari pada itu rapat koordinasi ini bertujuan mensinergikan pelaksanaan kegiatan penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan antara Pemerintah Pusat (KLHK) dan Pemerintah Daerah.

Rapat koordinasi dilaksanakan diAmaris Hotel, Jalan Sultan Botutihe, Kelurahan Ipilo, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo. Lebih kurang sebanyak 40 orang antusias menyimak pemaparan para narasumber.

Rapat Koordinasi kali ini begitu spesial, pasalnya dihadiri Prof. Dr. Ir. Hj. Winarni Monoarfa, Ms., Staf ahli Bidang Hubungan antar Lembaga Pusat dan Daerah pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selanjutnya hadir, Jasmin Ragil Utomo, Plt. Direktur PPSA-KLHK, Dodi Kurniawan S.Pt., M.H, Kepala Balai Gakkum Sulawesi.

Menarik untuk Anda:

Berikutnya, Kepala Sub Tata Usaha, Achmad Yusuf Arief, SH., MH, Kepala Seksi Wilayah II Palu, Subagyo, SH. Kepala Seksi Wilayah III Manado Balai Gakkum Sulawesi, William D. T. Tengker, SH., M.Hum.

Seterusnya, Agus Wirawan Eko Saputro, SH, MH, Koordinator Bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi Gorontalo. AKBP Bentung Maharsoyo S. Ik, MH, Kabag Wassidik Direktorat Kriminal Khusus Polisi Daerah Gorontalo.

Berturut-turut, Suton Rusdi, Asisten 2 Provinsi Gorontalo, Hastuty Ajib, Kepala KPH V Boalemo. Djimlan Saleh, Kepala KPH VI Gorontalo. Bahavi Gobel, Kepala Dinas BLH Pohuwato. Khairuddin, Kepala KPH Pohuwato. Mayor Czi. H. Ibrahim, Pasi Ter Rem 133/Nwb. Lettu Inf. Suyono, Dantim Intel Rem 133/Nw. Syam, KKPH VII Bone Bolango.

Sebagai pengantar sekaligus arahan oleh Jasmi Ragil Utomo menyampaikan selamat datang kepada seluruh undangan Rapat Koordinasi dalam rangka membangun sinergitas dan komitmen bersama dalam upaya dan pemberantasan perusakan lingkungan hidup dan kehutanan Provinsi Gorontalo.

“Rakor di Provinsi Gorontalo ini bertujuan untuk berkomitmen mencegah terjadinya tanah longsor dan banjir bandang yang disebabkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab,” singkat Plt. DIrektur PPSA. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi Kebijakan penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan.

Sementara itu, Kepala Balai Gakkum Sulawesi Dodi Kurniawan S.Pt., M.H menyampaikan pemaparan, terkait isu dan tantangan dalam penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tugas pokok dan fungsi instansi, Dasar Hukum Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengololaan Lingkingan Hidup.

Narasumber selanjutnya oleh Koordinator Bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi Gorontalo,bAgus Wirawan Eko Saputro, SH, MH, membahas Langkah-langkah Strategis dalam Penegakan Hukum Lingkungan.

Dilanjutkan, Paparan Materi Kebijakan Polri dalam Rangka Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan, oleh AKBP Bentung Maharsoyo S.Ik, M.H, Kabag Wassidik Ditreskrim sus Polda Gorontalo.

Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah, Prof. Dr. Ir. Winarni D Monoarfa MS menghadiri rakor yang dilaksanakan oleh Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sulawesi di Amaris Hotel. Jumat, 25 September 2020.

Rakor ini tetap menerapkan protokol Kesehatan Covid-19, yakni menjaga jarak, memakai masker, dan peserta membawa handsinitizer.

Rakor dalam rangka membangun sinergitas dan komitmen bersama dalam upaya pencegahan dan pemberantasan perusakan lingkungan hidup dan kehutanan di Provinsi Gorontalo yang dipimpin Kepala Balai Gakkum Sulawesi Dodi Kurniawan, S.Pt., MH menghasilkan 4 rumusan, ini isinya,

  1. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Provinsi dan Kabupaten) berkomitmen dalam menurunkan tingkat gangguan dan ancaman perusakan lingkungan hiidup dan kehutanan.
  2. Membangun singeritas dan komitemen demi terwujudnya penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan yang berkualitas dan berkeadilan, demi keberlanjutan sumber daya hutan dan lingkungan hidup untuk kesejahteraan rakyat di wilayah Provinsi Gorontalo.
  3. Penyusunan Rencana Aksi Daerah tahun 2020 – 2021 dalam upaya pencegahan dan penaggulangan perusakan lingkungan hidup dan kehutanan di Provinsi Gorontalo.
  4. Membentuk Forum Koordinasi pencegahan dan penaggulangan perusakan Lingkungan hidup dan kehutanan Provinsi Gorontalo (UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi/KPH, TNI Polri, Kejaksaan dan Stakeholder terkait) di bawah koordinasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi dan Balai Gakkum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sulawesi.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

SMK Negeri 2 Barru Raih Juara LKS Tingkat Nasional Bidang Automobile Technology

Tim SPORC Brigade Maleo Bersama Polda Sulbar Tangkap Pengusaha Kayu Tanpa Ijin

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar