Banyak Warga yang Foto Selfie di Makam BJ Habibie, Kemensos Kerahkan Sekuriti

Terkini.id, Makassar – Banyak warga yang berziarah ke makam Presiden RI ketiga,  BJ Habibie. Namun, tidak sedikit di antaranya yang datang untuk berfoto selfie.

Lantaran banyak yang datang cuma untuk berfoto selfie, petugas sekuriti dari Kementerian Sosial (Kemensos) pun dikerahkan untuk menjaga makam Presiden ke-3 BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata.

Sekuriti pun mengimbau peziarah untuk tidak selfie di makam BJ Habibie.

Dilansir dari detikcom,  para peziarah yang memasuki kompleks pemakaman diminta meninggalkan tanda pengenal dan dititipkan ke sekuriti. Sebelum dipersilakan masuk, peziarah diimbau tidak selfie di makam BJ Habibie.

“Di dalam hanya untuk berdoa, fotonya juga buat kenang-kenangan. Tetap nggak boleh selfie-selfie,” imbau salah satu sekuriti di depan pintu masuk TMPNU Kalibata.

Tidak jauh dari makam BJ Habibie, terdapat petugas keamanan yang mengenakan topi bertuliskan Kemensos berjaga. Para peziarah tampak memanjatkan doa di dekat makam BJ Habibie, dan ada juga beberapa dari mereka yang mengabadikan momen.

Saat dimintai konfirmasi, Koordinator Sekuriti TMPNU Kalibata Iswani mengatakan sudah mendapat arahan dari Kemensos untuk mengimbau peziarah tidak sekedar selfie di makam BJ Habibie. Harapannya, warga memahami adab berziarah ke makam.

“Silahkan mengambil foto, silakan berdoa sebatas untuk yang sewajarnya saja,” ujar Iswani.

Sebelumnya, Mensos Agus Gumiwang berharap peziarah yang datang turut memanjatkan doa kepada mendiang Habibie. Agus menambahkan, pihaknya tidak ingin mempersulit peziarah.

“Kemarin ramai di medsos yang mencela pengunjung yang hanya berselfie di nisan Pak Habibie, juga banyak peziarah yang hanya memeluk nisan Bapak Habibie dan sambil selfie-selfie. Sejak itu kita tempatkan dua orang satpam di samping makam selama sebulan untuk menjaga penziarah agar berziarah dengan berdoa dan mendoakan Pak Habibie, bukan hanya untuk berselfie-selfie dengan nisan,” kata Agus lagi.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Mendiang Glenn Fredly Diam-diam Kagum kepada Gus Dur

Pria Paruh Baya Terkapar di Pinggir Jalan Seperti Tertidur Pulas, Warga Takut Mendekat

Warung Makan Masih Layani Pengunjung Makan di Tempat, Kursi Disita Paksa Aparat

Lagu ‘Kasih Putih’ Iringi Pelepasan Jenazah Glenn Fredly, Keluarga Tak Kuasa Tahan Tangis

Isu Soal Berhenti Total Selama Tiga Hari Itu Hoaks!

Jokowi: Kepergian Glenn Fredly Adalah Kehilangan Besar Bagi Dunia Musik Indonesia

Warga Gowa Diminta Beli Masker Buatan Penjahit Lokal

Negara-negara Disebut Sedang ‘Bertempur’ Incar Alat Tes Corona

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar