Banyak Warga yang Foto Selfie di Makam BJ Habibie, Kemensos Kerahkan Sekuriti

Terkini.id, Makassar – Banyak warga yang berziarah ke makam Presiden RI ketiga,  BJ Habibie. Namun, tidak sedikit di antaranya yang datang untuk berfoto selfie.

Lantaran banyak yang datang cuma untuk berfoto selfie, petugas sekuriti dari Kementerian Sosial (Kemensos) pun dikerahkan untuk menjaga makam Presiden ke-3 BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata.

Sekuriti pun mengimbau peziarah untuk tidak selfie di makam BJ Habibie.

Dilansir dari detikcom,  para peziarah yang memasuki kompleks pemakaman diminta meninggalkan tanda pengenal dan dititipkan ke sekuriti. Sebelum dipersilakan masuk, peziarah diimbau tidak selfie di makam BJ Habibie.

“Di dalam hanya untuk berdoa, fotonya juga buat kenang-kenangan. Tetap nggak boleh selfie-selfie,” imbau salah satu sekuriti di depan pintu masuk TMPNU Kalibata.

Tidak jauh dari makam BJ Habibie, terdapat petugas keamanan yang mengenakan topi bertuliskan Kemensos berjaga. Para peziarah tampak memanjatkan doa di dekat makam BJ Habibie, dan ada juga beberapa dari mereka yang mengabadikan momen.

Saat dimintai konfirmasi, Koordinator Sekuriti TMPNU Kalibata Iswani mengatakan sudah mendapat arahan dari Kemensos untuk mengimbau peziarah tidak sekedar selfie di makam BJ Habibie. Harapannya, warga memahami adab berziarah ke makam.

“Silahkan mengambil foto, silakan berdoa sebatas untuk yang sewajarnya saja,” ujar Iswani.

Sebelumnya, Mensos Agus Gumiwang berharap peziarah yang datang turut memanjatkan doa kepada mendiang Habibie. Agus menambahkan, pihaknya tidak ingin mempersulit peziarah.

“Kemarin ramai di medsos yang mencela pengunjung yang hanya berselfie di nisan Pak Habibie, juga banyak peziarah yang hanya memeluk nisan Bapak Habibie dan sambil selfie-selfie. Sejak itu kita tempatkan dua orang satpam di samping makam selama sebulan untuk menjaga penziarah agar berziarah dengan berdoa dan mendoakan Pak Habibie, bukan hanya untuk berselfie-selfie dengan nisan,” kata Agus lagi.

Komentar

Rekomendasi

Lagi, Gadis Sulsel Dilamar dengan Mahar Ditaksir Rp12 miliar

Kenalan di Media Sosial, Ini Alasan Fachry Pahlevi Lamar Putri Bupati Jeneponto dengan Mahar Fantastis

Mahar Pernikahan Putri Bupati Jeneponto dan Anak Bupati Konawe Ditaksir Senilai Rp12 Miliar

Viral, Siswa SMA Ini Menangis Histeris Lihat Kucing Kesayangannya Meninggal Kejang-kejang

Dilamar dengan Mahar 12,5 Hektar Lahan Nikel, Berapa Uang Panaik Anak Bupati Jeneponto?

Pria Gondrong yang Ngamuk di Sekolah Sambil Sebut Nama Menhan ‘Disidang’ Relawan Prabowo

Sinergi bersama Telkom Group, Telkomsel Dukung Gerakan #IndonesiaButuhAnakMuda

Bawa-bawa Nama Prabowo, Pria Ini Ngamuk di Sekolah karena Tak Dikasi Duit

Istimewanya HUT ke-60 Barru: Menteri, Gubernur, Pangdam, Kapolda hingga Ketua DPRD Hadir

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar