Baru Dilantik, Yusran Yusuf Rencanakan Rapid Test Massal di 4 Kecamatan

Penjabat wali kota Makassar, Yusuf Yusran

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Kota Makassar tengah menyiapkan rapid test massal di kecamatan yang memiliki tingkat penyebaran Covid-19 paling tinggi.

Penjabat Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf mengatakan pihaknya akan melibatkan peran RT dan RW dalam pemeriksaan rapid test massal di kecamatan.

Hal itu sangat penting lantaran mereka yang paling memahami keadaan di daerahnya masing-masing. Di Makassar, ada kecamatan yang menjadi episentrum pandemi corona.

“Kecamatan yang menjadi target adalah Panakkukang, Rappocini, Tamalate, dan Biringkanaya,” kata dia, Kamis, 14 Mei 2020.

Yusran mengatakan dirinya telah menyiapkan sekitar seribu rapid test untuk melakukan pemeriksaan pada empat kecamatan.

Menarik untuk Anda:

“Kita harapkan selesai sebelum masa tanggap darurat ini berakhir,” katanya.

Bila menemukan banyak positif saat pemeriksaan rapid test, Yusran mengatakan hal itu mengindikasikan keberhasilan.

“Kita memang mencari pembawa atau carrier. Kalau itu semua kita dapatkan dan berhasil, artinya kita berhasil mengurangi kontak lokal penyebaran covid-19 ini,” ungkap Yusran.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin mengatakan 4 kecamatan yang menjadi sasaran rapid test adalah uji coba. Kecamatan tersebut dipilih lantaran memiliki kasus tertinggi di Makassar.

“Jadi akan dibuatkan mapping per kecamatan di mana ada kasus positif dan bagaimana dia menyebar dengan bekerja sama dengan RT dan RW,” kata dia.

Saat rapid test massal di kecamatan, Naisyah mengatakan peran RT dan RW adalah melakukan pengecekan suhu tubuh dan memberi edukasi masyarakat ihwal pencegahan.

“Kalau teknis kesehatan itu dari tenaga kesehatan,” pungkasnya.

Penjabat Wali Kota Makassar Yusran Jusuf saat dimintai keterangan ihwal strategi menangani pandemi Covid-19 di Makassar.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

8 Fraksi DPRD Setuju 2 Usulan Raperda Gowa Dibahas ke Tahap Selanjutnya

Terkini Dukung Program Satu Juta Masker Bupati Gowa

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar