Begini Cara Dinas Kesehatan Bulukumba untuk Mencegah Stunting

Serentak, Seluruh Puskesmas Gelar Kelas Ibu Hamil dan Ibu Balita

Terkini.id,Bulukumba – Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 Tingkat Provinsi, Gubernur Sulawesi Selatan meluncurkan Gerakan Masyarakat Memberantas Stunting (Gammaratta) yang bertujuan untuk meminimalisasi prevalensi stunting di Baruga Pattingalloang Makassar, Selasa 12 November 2019.

Bersamaan dengan meluncurkan Gammaratta, Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba menggelar Kelas Ibu Hamil dan Ibu Balita di seluruh Puskesmas sebagai rangkaian dari peringatan HKN. Sebanyak 20 Puskesmas di Kabupaten Bulukumba secara serentak menggelar kelas tersebut untuk mencegah terjadinya stunting.

Stunting merupakan salah satu kondisi gagal tumbuh pada anak akibat dari kekurangan gizi kronis, sehingga anak terlalu pendek usianya. Kelas ibu hamil merupakan usaha sederhana mendekatkan pelayanan, meningkatkan pemahaman tentang kehamilan, persalinan dan nifas.

Dalam Kelas Ibu Hamil, minimal para ibu 4 kali melakukan pemeriksaan dalam kehamilan, mengkonsumsi tablet tambah darah dan memberikan pemahamahan terkait pemberian ASI Eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan.

Kepala Puskesmas Bontobangun, dr Marwah menyebutkan kelas ibu hamil diisi dengan berbagai kegiatan yaitu Penyuluhan tentang kesehatan ibu balita dan stunting, serta Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

“Kami juga melakukan Pelayanan Antenatal Care (ANC) dan diskusi seputar keluhan ibu hamil dan anak balita yang didampingi oleh suami atau keluarga masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, dr Wahyuni mengharapkan komitmen para kepala Puskesmas untuk melaksanakan kegiatan kelas ibu hamil secara berkelanjutan agar ibu, keluarga, dan masyarakat mendapatkan pengetahuan dan informasi yang bermanfaat.

Kelas ibu hamil, lanjutnya adalah salah satu bentuk upaya  pencegahan stunting melalui peningkatan dukungan dari pemerintah, masyarakat, dan stakeholder terkait.

“Untuk mensukseskan kegiatan ini, maka kita melaksanakan Kelas Ibu Hamil agar mampu menjaga nutrisi kehamilan, bayi dan balita menuju Generasi Sehat Indonesia Unggul,” pintanya.

Dalam melaksanakan peringatan HKN, Dinas Kesehatan dan RSUD Bulukumba telah melakukan berbagai kegiatan, seperti kemah bakti kesehatan dengan pemeriksaan kesehatan gratis di lapangan Bacari Desa Palambarae.

Selain itu, jalan sehat dengan sejumlah hadiah menarik dari sponsor, serta lomba seni dan olahraga di jajaran Dinas Kesehatan dan RSUD. Puncak peringatan HKN ke 55 Tingkat Kabupaten Bulukumba sendiri akan dilaksanakan pada hari Senin 18 November 2019 mendatang.

Komentar

Rekomendasi

Balai Kota Makassar Ditutup, Iman Hud: Kita Terapkan Protokol Penanganan Covid-19

Dokter Marhaen: Ketidakjujuran Pasien Berdampak Tingginya Angka Kematian Medis

DKI Jakarta Resmi Berstatus PSBB Corona, Ojol Dilarang Angkut Penumpang

Pengusaha Ini Hibahkan Lahan 1 Hektar Miliknya untuk Area Pemakaman Korban Corona

Sering Bicara Khilafah dan Hina Presiden, Ali Baharsyah Ternyata Kolektor Video Mesum

3 Poin Sikap AJI Terkait Privilese Wartawan untuk Tes Cepat Covid-19

Terpidana Teroris Abu Bakar Ba’asyir Surati Jokowi, Minta Dibebaskan akibat Corona

Potret Pilu Badut Tetap Cari Nafkah di Dalam Mal yang Sepi akibat Corona

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar