Masuk

Belasan Warga Binaan Rutan Makassar Peroleh Remisi Natal Tahun 2021

Komentar

Terkini.id, Makassar – Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sulsel, Edi Kurniadi menyerahkan Remisi Khusus Natal Tahun 2021 kepada dua orang perwakilan warga binaan. 

Penyerahan tersebut didampingi Kepala Rutan Kelas I Makassar di aula Sabtu, 25 Desember 2021.

Kadivpas Edi Kurniadi saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI mengatakan secara esensi, Natal tidak cukup diperingati dengan gemerlap hiasan atau kemeriahan seremoni semata, tapi bagaimana menjadi manusia baru, lebih dekat dengan Tuhan dan memiliki motivasi yang tinggi untuk mengabdikan diri bagi orang lain, masyarakat dan negara.

Baca Juga: Kunjungan Tatap Muka di Rutan Makassar Dibuka Kembali, Keluarga Bisa Bertemu Langsung, Asal…

“Natal memang perlu disyukuri bagi segenap lapisan masyarakat yang merayakannya, dan warga binaan pemasyarakatan pada khususnya meski dalam suasana prihatin karena Covid-19 masih melanda,”ujarnya. 

“Dengan segala keterbatasan yang saudara alami dalam menjalani pidana di Lapas maupun Rutan. Natal haruslah menjadi cerminan baik untuk diri sendiri, keluarga dan orang sekitar,” sambung Edi.

Sementara ktu, Kepala Rutan Kelas I Makassar, Moch Muhidin menyampaikan jumlah warga binaan yang mendapatkan remisi Natal tahun 2021 sebanyak 15 orang. 

Baca Juga: Edy Kurniadi Tekankan Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan Narkoba ke Jajaran Petugas Rutan Makassar

Menurut dia, semuanya dinilai telah memenuhi persyaratan administrasi dan substantif, yakni berkelakuan baik, telah menjalani pidana minimal 6 bulan dan tidak pernah melakukan pelanggaran.

“Untuk tahun ini dari usulan remisi Natal di Rutan Makassar, tidak ada yang RU II (langsung bebas), semuanya masih akan melanjutkan sisa pidananya,”jelasnya.

“Berharap remisi yang didapatkan bisa menjadi motivasi untuk lebih memperbaiki diri dan lebih semangat mengikuti program pembinaan,” lanjutnya.

Muhidin menyebut besaran remisi yang didapatkan bervariasi berdasarkan masa pidana warga binaan.