Bendungan Karet Sungai Jeneberang Diperbaiki Tahun Ini

Suparji, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang
Suparji, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang

Terkini.id, Makassar – Suparji, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang mengatakan, Bendungan Karet Sungai Jeneberang yang rusak sejak tahun lalu akan diperbaiki tahun ini.

Pemerintah sudah melakukan proses lelang dan memilih pemenang tender. “Tinggal pelaksanaan. Tahun ini bisa selesai,” kata Suparji kepada wartawan usai workshop Akses Air Berkelanjutan di Hotel Claro, Senin 25 Maret 2019.

Material yang akan digunakan sama dengan material yang rusak. Didatangkan khusus dari China. Anggaran yang disiapkan untuk perbaikan bendungan ini sebesar Rp 9 miliar.

Menurut Suparji, keterlambatan perbaikan karena pada awal tahun 2018 ada revisi dana di Kementerian Pekerjaan Umum. Sehingga dana pembangunan keluar pada akhir tahun. Tepatnya pada bulan November 2018.

Jika proyek dijalankan, dikhawatirkan tidak akan selesai. Sehingga dana dikembalikan ke pemerintah pusat. “Resikonya tinggi (jika proyek dilakukan tahun 2018),” ungkap Suparji.

bendungan karet jeneberang
Direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar minta maaf kepada pelanggan. Bendungan karet Sungai Jeneberang yang mendistribusikan air baku utama untuk Instalasi IV Maccini Sombala jebol / M Yunus

Bendungan karet Sungai Jeneberang adalah sumber air baku utama untuk Instalasi IV Maccini Sombala. Bendungan ini diketahui jebol, Sabtu 14 April 2018.

Kerusakan ini berdampak pada suplai air yang diterima masyarakat di daerah selatan dan barat Kota Makassar. Kerusakan bendungan diduga karena faktor usia. Sebab sudah terpasang sejak tahun 1996.

Kerusakan bendungan menyebabkan volume air bendungan turun. Sehingga suplai air baku yang normalnya 220 liter per detik turun menjadi 90 sampai 100 liter per detik.

Berita Terkait