Bentrok Kopassus Vs Brimob di Timika Papua, Begini Sikap Tegas Panglima TNI

Terkini.id, JakartaPanglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan cepat mengambil sikap atas insiden bentrokan yang melibatkan oknum Brimob dengan prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI yang terjadi di Timika Papua.

Merespons bentrokan itu, Jenderal Andika mengatakan bahwa TNI telah melakukan koordinasi dengan Polri untuk memproses hukum seluruh aparat kepolisian yang terlibat dalam aksi bentrokan itu.  

Selain oknum polisi, Jenderal Andika juga menegaskan bahwa pihaknya tengah memproses hukum oknum anggota yang terlibat. 

Baca Juga: Dikenal Dekat Dengan Jokowi, Menantu Luhut Diprediksi Bakal Mengisi Jabatan...

Dikatakan Jenderal Andika, Pusat Polisi Militer bersama Pusat militer TNI AD langsung memproses pada para oknum itu. 

“Semua oknum anggota TNI yang terlibat dalam dugaan tindak pidana di Timika,” tegas Jenderal Andika, mengutip Berita Politik RMOL, Senin 29 November 2021. 

Baca Juga: Panglima TNI Angkat Bicara Perihal Pengangkatan Eks Anggota Tim Mawar...

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menjelaskan, saat bicara soliditas dan sinergitas TNI/Polri adalah kekuatan strategis bangsa Indonesia. 

Terkait insiden tersebut, Rusdi memastikan bahwa masalah itu sudah diselesaikan oleh pimpinan masing-masing yang bertugas di Papua. 

“Yang di Tembagapura, itu hanya permasalahan kecil saja, tapi yang jelas pimpinan-pimpinan di sana telah menyelesaikan itu  semua,” demikian penjelasan Rusdi ke wartawan, Senin 29 November 2021. 

Baca Juga: Panglima TNI Angkat Bicara Perihal Pengangkatan Eks Anggota Tim Mawar...

Adapun mengenai pemicu keributan karena masalah penjualan rokok yang dilakukan oknum Brimob yang tergabung di Satgas Amole, Rusdi tidak memberi keterangan detail. 

Rusdi hanya memastikan bahwa, keributan itu dipicu oleh masalah komunikasi. 

Bagikan