Beredar Kabar Anies Perpanjang PSBB DKI Jakarta Hingga 18 Juni, Ini Faktanya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Tempo)

Terkini.id, Jakarta – Beredar kabar di publik bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 18 Juni 2020, mendatang.

Kabar tersebut sontak dibantah oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Lewat situs resminya, Jalahoaks, Pemprov DKI menegaskan bahwa kabar tersebut merupakan informasi bohong alias hoaks lantaran dari pihak mereka belum sama sekali menetapkan kebijakan terkait perpanjangan PSBB.

“Hingga saat ini Pemprov DKI Jakarta belum menetapkan dan mengumumkan kebijakan terbaru terkait Perpanjangan PSBB di Provinsi DKI Jakarta,” demikian pernyataan Pemprov DKI lewat situs Jalahoaks, Rabu, 3 Juni 2020 seperti dikutip dari detikcom.

Pihaknya mengatakan, pengumuman terkait diperpanjang atau tidaknya PSBB akan secara resmi diumumkan ke publik lewat konferensi pers.

Menarik untuk Anda:

“Pengumuman terkait hal tersebut akan disampaikan secara resmi melalui konferensi pers Gubernur Provinsi DKI Jakarta,” ujarnya.

Sebelumnya, kabar hoaks itu beredar di publik melalui dua salinan pengumuman menyebutkan bahwa PSBB di Jakarta telah diperpanjang.

Pada salinan pengumuman pertama, tertulis aturan Keputusan Gubernur (Kepgub). Namun, dalam salinan itu tidak ada tanda tangan Anies Baswedan selaku Gubernur DKI.

Selain itu, disebutkan Kepgub Nomor 412 Tahun 2020. Nomor Kepgub tersebut merupakan Kepgub untuk perpanjangan PSBB yang lama, bukan yang terbaru atau disebut perpanjangan dari 5 sampai 18 Juni 2020.

Sementara diketahui, dalam Kepgub 412 Tahun 2020 Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan PSBB Tahap Ketiga dalam Kepgub Nomor 498 Tahun 2020 tanggal 19 Mei 2020.

“Dapat dijelaskan pula bahwa setelah Kepgub 412 Tahun 2020, Pemprov DKI Jakarta juga telah menetapkan PSBB Tahap Ketiga dalam Kepgub Nomor 498 Tahun 2020 tanggal 19 Mei 2020 yang menetapkan perpanjangan PSBB hingga tanggal 4 Juni 2020,” katanya.

Pemprov DKI menegaskan bahwa pihaknya sama sekali belum mengeluarkan aturan hukum terbaru terkait perpanjangan PSBB.

“Selanjutnya, hingga saat ini Pemprov DKI Jakarta belum menetapkan dan mengumumkan kebijakan terbaru terkait Perpanjangan PSBB di Provinsi DKI Jakarta,” tegasnya.

Maka dari itu, Pemprov DKI sekali lagi menegaskan bahwa kabar yang menyebut Anies Baswedan memperpanjang PSBB hingga 18 Juni adalah tidak benar alias hoaks.

“Link pemberitaan mengenai Gubernur Anies Baswedan kembali perpanjang PSBB hingga 18 Juni melalui media sosial adalah tidak benar,” tutupnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Komunitas Pencinta Otomotif Ini Percaya Danny-Fatma Akan Majukan Dunia Otomotif di Makassar

Kabar Duka, Ketua Dewan Pakar DPP KKB Prof Sudirman Meninggal Dunia

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar