Beredar Kabar Teh Panas Bisa Tangkal Virus Corona, Ini Faktanya

Teh Panas
Teh panas. (Foto: Republika)

Terkini.id, Jakarta – Sebuah kabar yang menyebutkan bahwa meminum teh panas bisa menangkal penularan virus corona atau COVID-19 belum ini beredar di media sosial.

Kabar terkait klaim tersebut diunggah oleh seorang pengguna Facebook dengan nama akun Agusta Ita.

Dalam unggahannya, Agusta Ita menceritakan pengalaman dr Li Wenliang yang dihukum pemerintah China karena mengatakan yang sebenarnya tentang Covid-19 dan kemudian meninggal akibat virus tersebut.

Berikut narasi unggahan akun Facebook Agusta Ita:

“Dr. Li Wenliang, Dokter pahlawan Tiongkok yg dihukum karena mengatakan yg sebenarnya tentang Virus Corona dan kemudian meninggal karena penyakit yg sama, telah mendokumentasikan kasusfile untuk tujuan penelitian dan dalam kasusfile mengusulkan penyembuhan yg secara signifikan akan mengurangi dampak COVID-19 Virus pada tubuh manusia.

Baca juga:

Bahan kimia Methylxanthine, Theobromine dan Theophylline merangsang senyawa yang dapat menangkal virus ini pada manusia dengan minimal sistem kekebalan rata-rata.

Apa yang lebih mengejutkan adalah bahwa kata-kata rumit Bahan Kimia yang begitu sulit bagi orang-orang di China untuk mengerti sebenarnya adalah Seduhan Teh Panas yg dikonsumsi oleh Orang China dan India.

YA, Teh reguler kami memiliki semua bahan kimia ini di dalamnya, Methylxanthine utama dalam teh adalah kafein stimulan, Methylxanthines lain yang ditemukan dalam teh adalah dua senyawa yang secara kimiawi serupa, Theobromine dan Theophilin.

Pabrik teh secara otomatis telah menciptakan bahan kimia ini sebagai cara untuk mengusir serangga dan hewan lainnya.

Siapa yang tahu bahwa salah satu solusi untuk virus ini adalah secangkir teh sederhana. dan itulah alasan mengapa begitu banyak pasien di China lebih cepat disembuhkan. Staf rumah sakit di Cina telah mulai menyajikan Teh Panas kepada pasien 3 kali sehari, Dan efeknya akhirnya di Wuhan “Pusat Pandemi ini” telah terkandung dan penularannya hampir berhenti.

Silakan bagikan pesan ini kepada teman dan keluarga Anda untuk membuat mereka mengetahui tentang berkah ini dalam bentuk TEH di dapur, Sesering mungkin minum Teh Panas, akan menolong Anda,” tulis Agusta Ita.

Unggahan Agusta Ita terkait teh panas bisa tangkal virus corona. (Foto: Turnbackhoax)

Namun, berdasarkan penelusuran fakta Turnbackhoax, dikutip dari Tempo, Sabtu, 28 Maret 2020, tidak ada bukti ilmiah atas klaim minum teh dapat membantu mengurangi dampak COVID-19 pada tubuh manusia.

Selain itu, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa dokter Li Wenliang meneliti efek dari bahan kimia itu terhadap pasien Corona. Li Wenliang pun merupakan seorang dokter spesialis mata dan bukan ahli virus.

Dilansir dari pemberitaan China Daily yang terbit pada Februari 2020, seorang ahli imunologi mengungkapkan bahwa virus Covid-19 menginfeksi sel epitel alveolar di paru-paru. Sementara teh yang diminum tidak akan mencapai paru-paru.

Bahkan, ahli imunologi itu mengatakan jika percobaan in vitro menunjukkan bahwa teh dapat membunuh virus tersebut, tidak berarti bahwa minum teh bisa menghasilkan efek yang sama.

“Setelah tes in vitro, uji coba pada hewan harus dilakukan, kemudian dipertimbangkan untuk uji klinis pada manusia. Hasil tes in vitro tidak cukup untuk menyimpulkan bahwa minum teh dapat membantu mencegah infeksi virus Corona Covid-19,” ujarnya.

Dari penelusuran fakta tersebut maka dapat disimpulkan bahwa informasi yang menyebutkan teh panas dapat menangkal virus corona adalah informasi tidak benar alias hoaks.

Komentar

Rekomendasi

Berusaha Peluk Petugas, Ibu Pasien Positif Covid-19 Mengamuk

Soal Corona, Rangga Petinggi Sunda Empire: Ini Virus yang Diciptakan

Mengaku Diperas Waria, Pria Ini Kabur dari Hotel dalam Kondisi Tanpa Busana

Kabar Gembira, Angka Pasien Sembuh Corona Catat Rekor Tertinggi per 30 Mei

Klarifikasi Petugas Gerbang Tol yang Ribut dengan Emak-emak: Saya Minta Maaf

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar