Berikut 9 Negara dan Organisasi Luar Negeri Bantu Indonesia Lawan Covid-19, Apa Saja?

Terkini.id, Jakarta – Dunia saat ini dibuat panik dengan wabah virus Covid-19. Micro organisme ini menginfeksi ratusan negara di berbagai belahan dunai, termasuk Indonesia.

Upaya percepatan pencegahan penyebaran Covid-19 pun dilakukan oleh berbagai pihak, tidak hanya dilakukan pemerintah, tapi juga berbagai kelompok masyarakat dan bahkan sejumlah negara lain.

Gugus Tugas mencatat sedikitnya ada sembilan negara, 9 organisasi internasional dan 70 organisasi nonpemerintah memberikan dukungan untuk penanganan wabah virus SARS-CoV-2.

Baca Juga: Bupati Gowa Ingin HUT RI ke-76 Jadi Momentum Tingkatkan Kebersamaan...

Total nilai dukungan yang diterima Pemerintah Indonesia adalah senilai USD77,49 juta.

Dikutip dari rilis resmi BNPB, disebutkan ada sembilan negara yang membantu Indonesia dalam pencegahan Covid-19 ini masing-masing, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, Amerika Serikat, Singapura, Vietnam, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru dan Uni Emirat Arab.

Baca Juga: Saat HUT Pramuka, Bupati Adnan Purichta Ingatkan Publik untuk Bersama...

Di samping itu, BNPB juga menuliskan bahwa dukungan dari beberapa negara tersebut beragam bentuk, seperti donasi maupun barang atau dukungan teknis.

Dari nilai dukungan, tiga pemberi dukungan terbesar yakni Uni Eropa, Jepang dan Amerika Serikat.

Dari nilai dukungan yang telah diterima oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu), belum semua terealisasi.

Baca Juga: Saat HUT Pramuka, Bupati Adnan Purichta Ingatkan Publik untuk Bersama...

Kemenlu mencatat dukungan internasional yang baru terealisasi sebesar US$ 25,10 juta. Selain itu, Kemlu juga memfasilitasi dukungan internasional melawan virus corona secara bilateral yang melibatkan 13 entitas senilai US$ 10,9 juta.

Agus Wibowo selaku Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, dalam keterangan resminya menyampaikan, selain donasi dari luar negeri, Indonesia juga mendapatkan bantuan material kesehatan berupa alat pelindung diri (APD), ventilator, RT-PCR dan reagen, thermometer dan virus transport medium (VTM).

“Dari bantuan tersebut, masker, rapid test dan APD merupakan jenis bantuan paling banyak diterima oleh Indonesia,” bebernya.

Diketahui, sejumlah organisasi internasional juga turut memberikan dukungan dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.

Beberapa diantaranya, WHO, ADB, IAEA, UNDP, IOM, Global Fund, Unicef, IDB dan Uni Eropa, dan organisasi nonpemerintah, termasuk lembaga swadaya masyarakat yang berbasis di 12 negara, seperti RRT, Singapura, AS, Korea Selatan, Vietnam, Perancis, Rusia, Jerman, Jepang, Swedia, Swiss dan Arab Saudi.

“Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID – 19 menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi dan terima kasih atas dukungan terhadap masyarakat Indonesia dalam memerangi pandemik,” tutup Agus.

Bagikan