BI Sulsel Siapkan Rp 5,6 Triliun Uang Tunai Jelang Lebaran

BI Bank Indonesia, Bambang Kusmiarso didampingi Amanlison Sembiring (kedua kiri) dan Johnson Pasaribu saat konferensi pers di Kantor BI Sulsel Jalan Jend Sudirman, Senin 6 Mei 2019.(terkini.id/hasbi)
Bambang Kusmiarso didampingi Amanlison Sembiring (kedua kiri) dan Johnson Pasaribu saat konferensi pers di Kantor BI Sulsel Jalan Jend Sudirman, Senin 6 Mei 2019.(terkini.id/hasbi)

Terkini.id, Makassar – Menghadapi tingginya permintaan uang tunai pada Lebaran Idul Fitri 2019, Bank Indonesia di Sulawesi Selatan menyiapkan uang tunai sebesar Rp 5,66 Triliun

Kepala Bank Indonesia Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso menyebutkan, kebutuhan uang tunai masyarakat meningkat setiap tahun.

“Untuk menghadapi lebaran, kita siapkan Rp 5,66 triliun. Ini uangnya kalau disusun di sini, ruangan jadi penuh (menunjuk ruang konferensi pers),” terang Bambang saat konferensi pers di Kantor BI Sulsel, Senin 6 Mei 2019.

Bambang Kusmiarso menggelar konferensi pers bersama Direktur BI Sulsel Amanlison Sembiring, Deputi Direktur Bank Indonesia Sulsel, Johnson Pasaribu, serta jajaran BI Sulsel.

Angka Rp 5,66 triliun tersebut, kata Bambang, meningkat dari tahun 2018 sebesar Rp 4,07 triliun, dan pada 2017 sebesar Rp 3,25 triliun.

“Dengan nilai tersebut, kita meminta perbankan untuk dapat melayani kebutuhan uang kartal masyarakat lebih awal dan membuka layanan penukaran di titik kantor cabang/kas,” tambahnya.

Selain itu, perbankan di Sulsel juga diminta melakukan penukaran bersama bank-bank lain di Sulawesi Selatan di tempat stategis yang mudah dijangkau masyarakat.

Bank juga diminta melakukan pelayanan penukaran di stakeholders utama antara lain Pemerintah Daerah dan DPRD serta pasar tradisional maupun pusat keramaian lainnya melalui Kas Keliling.

Bank juga diminta memenuhi kebutuhan uang kartal melalui bank pengelola kas titipan Bank Indonesia.

Jangan Bawa Uang Dalam Jumlah Besar

Bank Indonesia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membawa uang tunai dalam jumlah yang besar.

“Dalam rangka memberikan keamanan dan kenyamanan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, masyarakat dihimbau agar tidak membawa uang tunai dalam jumlah yang besar,” terang Bambang.

Hal itu karena menurut dia, perbankan telah menyediakan ATM di berbagai tempat.

Selain itu, agar dalam melakukan transaksi sedapat mungkin menggunakan alat pembayaran non tunai berupa kartu debit/kredit dan e-money.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Gowa Raih Swasti Saba Wistara

Terkini.id,Jakarta - Pemerintah Kabupaten Gowa kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini, predikat yang diraih sebagai Kabupaten/Kota Sehat  Tahun 2019 dengan penghargaan Swasti Saba