Pasca-Idulfitri 2019, Warga Sulsel ‘Setor’ Rp4,47 Triliun ke Bank

BI Bank Indonesia, Bambang Kusmiarso didampingi Amanlison Sembiring (kedua kiri) dan Johnson Pasaribu saat konferensi pers di Kantor BI Sulsel Jalan Jend Sudirman, Senin 6 Mei 2019.(terkini.id/hasbi)
Bambang Kusmiarso didampingi Amanlison Sembiring (kedua kiri) dan Johnson Pasaribu saat konferensi pers di Kantor BI Sulsel Jalan Jend Sudirman, Senin 6 Mei 2019.(terkini.id/hasbi)

Terkini.id, Makassar – Pengeluaran masyarakat di Sulawesi Selatan saat lebaran Idul Fitri 2019 lalu tercatat cukup besar.

Hal itu terlihat dari besarnya jumlah uang tunai yang masuk ke Bank Indonesia melalui sejumlah bank di Sulawesi Selatan.

Uang tunai (kartal) yang diterima Bank Indonesia selama bulan Juni atau cash inflow tercatat sebesar Rp 4,47 triliun.

Nilai itu jauh lebih besar dibanding dengan uang tunai yang dikeluarkan oleh bank atau cash outflow sebesar Rp 209,78 miliar selama Juni 2019 atau dalam momen Idul Fitri 2019.

Dengan nilai cash outflow dan inflow tersebut, Bank Indonesia mencatat net inflow sebesar Rp4,26 triliun.

Net inflow tersebut sesuai dengan polanya, di mana aliran uang mulai kembali masuk ke Bank Indonesia pasca Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H,” terang Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso saat rilis resmi Bank Indonesia pada Kamis 4 Juni 2019.

Pengeluaran Masyarakat Meningkat Dibanding Idul Fitri Sebelumnya

uang kartal selama Idul FitriBambang mengungkapkan, realisasi pemenuhan uang kartal untuk Idul Fitri 1440 H lalu, tercatat meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Pemenuhan uang kartal pada Idul Fitri 1440 H tercatat sebesar Rp5,46 T meningkat 34,1% dibandingkan tahun sebelumnya.

Adapun peningkatan realisasi pemenuhan uang kartal tersebut sejalan dengan peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat yang didukung dengan peningkatan layanan penukaran uang kartal oleh Bank Indonesia dan perbankan pada Idul fitri 1440 H yang tercatat sebanyak 130 titik lebih tinggi dari idul fitri tahun sebelumnya. sebanyak 38 titik.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Begini Sosok JK di Mata Dokter Koboi

Terkini.id,Makassar - Inilah pandangan pemuda milenials Sulawesi Selatan yang juga berprofesi sebagai seorang dokter dan kerap disapa Dokter Koboi terhadap Wakil Presiden Republik Indonesia