Bikin Bangga, Startup Asal Makassar Wakili Indonesia di Turki

Terkini.id, Makassar – Startup buatan anak muda di Kota Makassar akan mewakili Indonesia dalam kompetisi internasional startup di Kota Instanbul, Turki.

Karya anak-anak dari Kota Makassar dipilih diantara 160 ribu aplikasi startup dari 166 negara. Mereka yang terpilih dalam ajang Startup Istanbul disebut startup paling menjanjikan.

Tujuh anak muda dari Kota Makassar menciptakan aplikasi Darah Kita. Aplikasi ini sudah tersedia di Play Store. Dengan empat keunggulan.

Pertama, aplikasi Darah Kita bisa dimanfaatkan untuk menyebar informasi. Ketika keluarga pasien atau warga membutuhkan darah. Sementara persediaan di Kantor PMI kosong.

Aplikasi ini bisa mengirimkan informasi kepada calon pendonor. Jika pendonor bersedia, akan diarahkan ke Kantor PMI atau Unit Transfusi Darah (UTD) terdekat.

Kedua, Darah Kita menyediakan fitur untuk melihat stok darah di UTD. Ketiga, informasi mengenai lokasi dan kegiatan donor darah. Keempat, fitur pengingat untuk pendonor mengenai waktu yang tepat untuk mendonor. Kelima, pengguna yang mendonor akan diberikan poin dan penghargaan.

“Hanya 100 Startup terbaik dari seluruh dunia yang diundang,” kata Zulkarnaim Masyhur, Founder dan CEO Darah Kita kepada Terkini.id, Rabu 9 Oktober 2019.

Ide awal menciptakan aplikasi Darah Kita

Darah Kita berdiri akhir tahun 2017. Tujuh anak muda berkumpul. Mencari solusi atas sulitnya mencari pendonor darah. Mereka adalah Zulkarnaim Masyhur (CEO), Firmansyah Ibrahim (CMO), Andi Baso Kaswar (CDO), Muhammad Taufiq (COO), Nanan Setiadi (CTO), Darmatasia (Secretary), dan Renaldi Pranata (Programmer).

Ketika mencari pendonor, masyarakat menggunakan cara-cara yang konvensional. Seperti membuat pengumuman di sosial media. “Ini tidak efektif dan efisien,” ungkap Zulkarnaim.

Setelah memperkenalkan aplikasi Darah Kita, anak muda ini mendapat respons positif dari banyak orang dan lembaga. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pun berani menjadi sponsor kegiatan Darah Kita.

“Ini kali kedua kami diundang di kegiatan Startup Istanbul,” kata Zulkarnaim.

Tim Darah Kita berharap bisa memberikan yang terbaik. Mengharumkan nama Indonesia di kompetisi internasional stratup.

Startup Paling Menjanjikan

Darah Kita dipilih di antara 160.000 aplikasi startup dari 166 negara. Mereka yang terpilih dalam ajang Startup Istanbul disebut startup paling menjanjikan.

Pada laman website Startup Istanbul, Darah Kita ditempatkan pada barisan kedua dengan tulisan asal Kota Makassar. Darah Kita dan startup terpilih lainnya disebut harus diawasi dengan ketat oleh mentor, investor, pemodal ventura, dan perusahaan global.

Startup Istanbul adalah acara startup terkemuka yang menyatukan para pendiri, investor, dan eksekutif di kawasan Asia, Afrika, dan Eropa. Acara akan digelar di Kota Istanbul 18-21 Oktober 2019.

Ini adalah pertemuan para startup, perusahaan internet, pebisnis, dan pemodal ventura terkemuka dari Asia, Afrika, dan Eropa.

“Alhamdulillah, tahun ini kami bisa berangkat dan mendapatkan dukungan penuh dari Bekraf,” ungkap Zulkarnaim.

Zulkarnaim berharap Darah Kita dapat mendapatkan ide-ide yang menginspirasi, saran berharga, dan peluang kolaborasi. Ada banyak jaringan yang bisa tercipta selama mereka berada di Turki.

Dipertemukan dengan mentor-mentor hebat. Serta mendapatkan kesempatan istimewa melakukan pemaparan di hadapan investor.

“Untuk mendapatkan pendanaan,” ujarnya.

Semoga terpilihnya Darah Kita dari Kota Makassar mampu memberikan energi dan semangat kepada anak muda lain. Untuk berwirausaha dengan memanfaatkan teknologi.

Berita Terkait