Di Bone, mahasiswa Polbangtan Gowa bantu petani manfaatkan Transplanter

Mahasiswa PKL bersama Petani Bone

Peran alsintan dalam pengembangan pertanian bukan sebatas proses budidaya dan pascapanen, tapi juga bagi upaya pengembangan proses hasil panen menjadi aneka produk pangan tambahan. Adanya alsintan ini menjadi pemicu transformasi teknologi kepada petani menuju pertanian yang lebih modern, efektif, dan ramah lingkungan. Tidak terkecuali alsintan Transplanter.

Transplanter merupakan alat penanam bibit padi dengan jumlah, kedalaman, jarak dan kondisi penanaman yang seragam. Dalam mendukung program kementerian pertanian diantaranya pemanfaatan alsintan khususnya pada penggunaan alat transplanter, mahasiswa PKL II Polbangtan Gowa bersama Bapak Muhammad Akil Ketua Poktan Kannae menggunakan alat tersebut untuk menanam bibit padi dilahan kelompok taninya. (19/06)

Kegiatan menanam padi ini menggunakan sistem jajar legowo 3 : 1 di Desa Lampoko, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone. Kepala BPP Kecamatan Barebbo, Ibu Erni Bayani ikut mendampingi kegiatan mahasiswa bersama petani didaerahnya sebagai pengembangan SDM.

Kehadiran mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa sangat membantu petani diwilayah kerjanya, antusiasme mereka yang mau bekerja sama dengan petani memberikan harapan bahwa pemerintah dalam hal ini kementerian pertanian memang sangat peduli dengan peningkatan SDM petani khususnya di Kabupaten Bone dan berharap kegiatan dan kerjasama ini terus berlanjut pada tahun mendatang.

Kerja nyata dilapangan membuktikan bahwa bersama teman mahasiswanya mendukung dan melaksanakan program kementerian pertanian dengan penggunaan dan pemanfaatan alsintan atau teknologi yang lebih modern dengan harapan petani kita di Indonesia bisa lebih maju dan bersaing di dunia, ungkap Trianti. (TRI/MUZ).

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

Yuk, Nantikan Semarak BODY 2019 di Kampus UNM

Terkini.id,Makassar -  Biology Open Day (BODY) kembali dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM pada 13 hingga 17 November 2019 mendatang.Kegiatan ini mengusung
Kampus

LKIM-PENA Unismuh Kembali Gelar PIKIR 2019

Terkini.id, Makassar - Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Universitas Muhammadiyah Makassar kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja