Demi tambah produksi, kebun rambutan Polbangtan Gowa tambah lubang tanam

Pembuatan Lubang Tanam Tanaman Rambutan di Polbangtan Gowa

Demi meningkatkan produksi tanaman rambutan dilahan agribisnis Polbangtan Gowa, Arif Sirajuddin selaku penanggungjawab lahan melaksanakan kegiatan pembuatan lubang tanam sebagai tindak lanjut dari kegiatan penyulaman  rambutan beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan ini bertujuan mengganti tanaman rambutan yang mati atau tumbuh abnormal. Penyulaman dilakukan dengan cara membongkar tanaman rambutan yang mati kemudian menggantinya dengan tanaman baru. Oleh karena itu lubang tanam harus dipersiapkan dengan baik, sebaik kita mempersiapkan bibit sebelum menanam.

Menurut Arif, persiapan awal adalah menyiapkan lubang tanam, hal ini terlihat sepele namun kesalahan kecil dalam pembuatan lubang tanam akan sangat berpengaruh terhadap kualitas pertumbuhan tanaman selanjutnya.

Pengaruh tersebut akan berlangsung dalam kurun waktu yang sangat panjang dan sangat mungkin dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman tidak sesuai dengan yang diharapkan seperti pertumbuhan lambat, mal nutrisi, waktu tunggu tanaman berproduksi menjadi lebih lama, tanaman rentan terhadap serangan hama penyakit, dan sebagainya. (Mus).

 

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

Kembangkan Pariwisata, Ini yang Dilakukan Unifa

Terkini.id,Makassar - Universitas Fajar menggelar Kegiatan Pengembangan Desa Wisata Melalui Pendampingan Dalam Rangka Fasilitasi Pelatihan Masyarakat Desa Wisata di Kampung Bambu Toddopulia, Kabupaten Maros,