Sinergi Petrokimia Gresik dan Kementan Hasilkan Role Model Untuk Mencapai Produktifitas Bidang Pertanian

Petrokimia Gresik dan Kementan Sinergi Terjunkan 41 Mahasiswa Pertanian Bersertifikat ke Seluruh Indonesia, 6 Diantaranya dari Polbangtan Gowa.

PMMB tahun ini dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan), Idha Widi Arsanti, di Wisma Kebomas, Rabu (11/3/2020). Dalam sambutannya, Idha mengatakan Sinergi antara Petrokimia dan Kementerian Pertanian ini akan menjadi role model untuk mencapai produktifitas di bidang pertanian. “Semoga sinergi ini akan memberikan manfaat kepada semua pihak baik Petrokimia, mahasiswa dan pemerintah untuk menjawab tantangan dunia industry”.

Sementara, Direktur Utama Petrokimia Gresik, Rahmad Pribadi mengatakan, ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementan dengan Direktur Utama Petrokimia Gresik.

SDM menjadi salah satu pokok utama agenda pembangunan pak Jokowi. Petrokimia Gresik sebagai salahsatu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mempunya tanggungjawab moral untuk ikut mensukseskan target kerja pembangunan pemerintah saat ini, yaitu SDM.

Untuk mewujudkan itu, perlu adanya sinergi, tidak mungkin BUMN fokusnya hanya pengembangan SDM karena disaat yang sama harus memastikan ketersediaan pupuk, pestisida dan benih untuk petani. 

Sejak 2016 petrokimia gresik sudah mulai gencar melakukan sinergi dengan beberapa stakeholder dalam rangka pengembangan SDM. Salahsatunya dengan Pusat Pendidikan Pertanian, Kementan. Dengan menyelenggarakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) selama 6 bulan. Tahun 2017 sudah ada 17 kampus, ada 7 kampus di 2020.

Kami sudah melihat beberapa Politeknik Pembanguan Pertanian, salahsatunya Polbangtan YoMa dan Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI). Saya melihat ternyata ada talent-talent muda yang bisa mewujudkan sinergi agar pertanian makin kuat. 

PMMB ini diikuti oleh 41 mahasiswa dari Politeknik Negeri Lampung, Polbangtan Yogyakarta, Polbangtan Malang, Polbangtan Bogor, Polbangtan Medan dan Polbangtan Gowa.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

BEM FSD UNM Salurkan Bantuan Sembako dan APD Untuk Mahasiswa dari Luar Makassar

1.569 Peserta SNMPTN 2020 Lulus di Unhas, Nama yang Lulus Diumumkan Hari Ini

Direktur Polbangtan Gowa Beri Bantuan Untuk THL dan Cleaning Service: Ini Amanah Mentan SYL

Pandemi COVID-19, Seluruh Aktifitas Akademik Dialihkan Ke Smartphone dan Notebook

Bahas Covid-19, Alumni LK2 HMI Korkom UMI Gelar Diskusi Online

Lewat Aplikasi Zoom, Mahasiswa UNM Ini Ujian Seminar Hasil Secara Online

Pantau WFH, Direktur Polbangtan Gowa Sampaikan Pesan Mentan SYL

Pertanian Tidak Berhenti, Petani Tana Toraja Tetap “Mangngarak Ta’nak Na Mantanan”

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar