BPS Catat Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Meningkat 7,01 Persen

BPS
Terkini.id, Makassar – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan (Sulsel) Semester 1 – 2019 tumbuh sebesar 7,01 persen.
Kepala BPS, Yos Rusdiansyah menjelaskan dari sisi produksi dan pengeluaran, bahwa pertumbuhan ekonomi didorong oleh semua lapangan usaha.
“Pertumbuhan tertinggi ada pada lapangan usaha informasi dan komunikasi sebesar 13,19 persen. Diikuti oleh administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib sebesar 12,16 persen, serta jasa lainnya sebesar 10,77 persen.” sebut Yos. Senin 5 Agustus 2019.
“Disisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi di capai oleh komponen pengeluaran konsumsi LNPRT (PK-LNPRT) yang tumbuh sebesar 45,04 persen.” sambungnya.
Selanjutnya, Yos menyebutkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di perekonomian Sulsel.
“Atas dasar harga berlaku semester I-2019 mencapai Rp245,14 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp160,81 triliun.” tambahnya.
Pada struktur PDRB Sulsel, lanjut Yos , menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku pada triwulan II 2019 tidak menunjukkan perubahan yang berarti.
“Lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan, industri pengolahan, perdagangan besar-eceran, reparasi mobil-sepeda motor, dan lapangan usaha konstruksi masih mendominasi PDRB Sulsel.”
Untuk triwulan II 2019, ekonomi Sulsel tumbuh sebesar 6,78 persen. Faktor musiman pada lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan mewarnai pertumbuhan ekonomi, dimana terjadi panen raya beberapa komoditas tanaman pangan dan perkebunan seperti padi dan kakao, serta peningkatan produksi kopi yang signifikan dibandingkan triwulan sebelumnya.

Komentar

Rekomendasi

Lawan Penyebaran Covid-19, MYKO Tutup 4 Restoran untuk Sementara Waktu

Dukung Imbauan Pemerintah, MYKO Sementara Waktu Tak Terima Acara Wedding

Begini Cara MYKO Cegah Penyebaran Covid-19 di Area Hotel

Bos XL Axiata, Allan Bonke Mengundurkan Diri di Tengah Wabah Corona

REI Minta Cicilan KPR Ditunda karena Corona, OJK: Sudah Dibuat Ketentuannya

6 Hal Ini Perlu Dilakukan UKM Menghadapi Kecemasan Ekonomi Karena Virus Corona

Indonesia Ekspor Masker Besar-besaran ke China hingga Singapura, Pantas Langka

Kabin Lebih Luas, Masyarakat Indonesia Gemari MPV Wuling Confero S

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar