Makassar Terkini
Masuk

Bukan Anies dan Prabowo, Inilah Dukungan Habib Rizieq Shihab di Pilpres 2024!

Terkini.id, Jakarta – Habib Rizieq Shihab mantan Pimpinan Fron Pembela Islam (FPI), telah mengumumkan kriteria calon presiden pada Pilpres 2024.

Diketahui dukungan Habib Rizieq Shihab di Pilpres 2024 bukan mengarah pada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Diketahui, Habib Rizieq Shihab pada Pilpres 2019 memberikan dukungannya kepada Prabowo Subianto.

Sementara pada Pilkada DKI Jakarta, Habib Rizieq Shihab memberi dukungan kepada Anies Baswedan.

Lantas hal tersebut melalui kuasa hukumnya, Habib Rizieq secara gambalang memberikan petunjuk sosok yang didukung olehnya di Pilpres 2024.

“Kita concern pertama penistaan agama, kedua terkait pihak-pihak yang banyak menjual aset ke pihak luar, terus penegakan HAM, jadi itu jadi catatan kita, itu jadi kriteria,” ujar Kuasa Hukum Habib Rizieq Shihab, Aziz Yanuar.

Rizieq Shihab, kata dia, tak akan memberikan dukungan yang kuat terhadap pihak-pihak yang telah didukung, namun malah menyimpang.

Aziz menuturkan terhadap Prabowo Subianto yang pernah didukung oleh kliennya pada pilpres 2019 dipastikan akan dari nol lagi dalam pilpres 2024. Dikutip dari Tribunnews. Minggu, 31 Juli 2022.

Namun, Aziz menegaskan pihaknya tetap menghormati keputusan Ketua Umum Partai Gerindra itu yang sudah masuk dalam kabinet Indonesia Maju.

Eks Pimpinan Fron Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab telah mengumumkan kriteria calon presiden pada Pilpres 2024.

“Pak Prabowo di kabinet tetap kita hormati, kita tidak menganggap sesuatu yang harus kita perangi tapi itu sudah jadi catatan. Untuk Pak Prabowo tadi sudah dari nol lagi,” ungkapnya.

Dalam pilpres 2024, Aziz menyebut sikap politik Rizieq tidak akan netral meski peluang itu ada.

“Netral kan berarti enggak jalan. Kalau misalnya netral berarti jalannya menyeramkan. Tapi setiap kemungkinan itu ada, namun yang netral itu kecil,” ucapnya.

Sementara Anies Baswedan yang didukung Rizieq pada Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu tak kunjung menemuinya selepas keluar dari tahanan.

 “Sampai sejauh ini belum ada (ketemu Anies), atau agenda ke sana,” kata Aziz.

Kendati demikian, Aziz menyebut HRS sudah ditemui beberapa tokoh agama seperti KH. Ahmad Sobri Lubis, Abuya Qurthubi Jaelani, termasuk Egi Sudjana.

“Kalau tokoh kebanyakan tokoh agama dan kolega, kayak KH. Ahmad Sobri Lubis, Abuya Qurtubi Jaelani, dan juga tokoh-tokoh yang memang ada di kuasa hukum, kayak bang Egi Sudjana,” ujarnya.

Adapun terkait di Pilres 2024, Rizieq Shihab disebutkan belum menentukan posisinya menuju pesta demokrasi lima tahunan itu.

Aziz Yanuar mengatakan Habib Rizieq Shihab telah memberikan komando bagi para pengikutnya untuk menguatkan kembali barisan sesuai dengan arahan eks pentolan FPI tersebut.

“Komandonya jalan, tapi baru sampai itu. Belum ada perintah ke satu kelompok (capres),” ujar Aziz.