Bupati Gowa Selamatkan Warga Korban Banjir

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan memantau banjir dan mengevakuasi warga di Pangkabinanga, Pallangga, Selasa 22 Januari 2019

Terkini.id, Gowa – Tingginya curah hujan di Kabupaten Gowa mengakibatkan banjir di sejumlah titik di Kecamatan Pallangga. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan pun memantau banjir dan mengevakuasi warga di Pangkabinanga, Pallangga, Selasa 22 Januari 2019.

Adnan ikut membantu Tim Basarnas, dan BPBD dalam mengevakuasi warga yang masih terjebak banjir.

Sebelumnya, Adnan meninjau kondisi jembatan kembar di Sungai Jeneberang. Lalu ke Pangkabinanga mengevakuasi warga yang terjebak banjir.

“Alhamdulillah Basarnas dan BPBD sudah mulai evakuasi korban,” ungkap Adnan.

Adnan mengatakan, warga korban banjir sudah dibawa ke Puskesmas Pallangga untuk dilakukan pemeriksaan. “Semuanya selamat. Kita doakan saja semoga baik-baik saja,” harapnya.

Rumah tenggelam di tiga kawasan perumahan

Regu penyelamat menggunakan perahu karet menyelamatkan warga. Ada tiga perumahan yang terkena imbas luapan Sungai Jeneberang.  Salah satunya Perumahan Mappala.

“Air sampai atap mi, kayak lautan kodong rumahku,” kata Nurhidayah.

Kepala Bagian Humas dan Kerjasama, Abdullah Sirajuddin mengatakan tingginya banjir di Pallangga merupakan dampak dari tingginya air di Bendungan Bili-bili. Petugas terpaksa membuka pintu air.

“Jadi ini karena hujan yang semakin deras dan tidak berhenti membuat air di bendungan bili-bili meningkat, sehingga berdampak pada aliran sungai bili-bili tersebut, salah satunya Sungai Jeneberang di Jembatan Kembar yang merembes pada beberapa titik di Pallangga,” jelasnya.

Abdullah berharap, masyarakat tetap tenang dan berdoa agar cuaca bisa normal kembali.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Mahasiswa Unhas Juara 1 Lomba Foto di Bali

Terkini.id, Bali - Mahasiswa Departemen Tekni Kelautan Fakultas Teknik, Muhammad Alif Alim Arifiki menjadi pemenang dalam lomba Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia XII Tahun 2019