Cara Mudah Cek Resi dengan Post Track

Terkini.id – Dewasa ini, membeli barang apapun dimudahkan dengan hadirnya toko-toko online atau masyarakat biasa menyebutnya online shop. Pesanan Anda akan dikirim melalui jasa pengiriman salah satunya Pos. Untuk mengetahui posisi barangnya, kalian dapat mencoba cara mudah cek resi dengan Post Track.

6 Langkah Cara Mudah Cek Resi dengan Post Track untuk Pos Indonesia

Nomor resi atau di dalam nota bukti pengiriman dari kantor Pos bertuliskan nomor pengiriman, kadang juga nomor barcode, nomor-nomor tersebut berguna untuk melacak barang Anda. Dengan kemudahan itulah, pelanggan tidak perlu mengandai-andai sampai mana barangnya. Berikut langkah cara mengeceknya.

  1. Siapkan Nomor Resi (No. Kiriman atau No. Barcode) yang Ada di Kertas Nota

Poin pertama ini digunakan khusus bagi pelanggan yang menggunakan jasa kirim dari Pos Indonesia. Terkadang di dalam nota yang berbentuk tulisan huruf mesin ketik jadul bukan tertera nomor resi, tetapi nomor kiriman atau nomor barcode seperti sudah dijelaskan sebelumnya.

Mungkin Anda menyukai ini:

Hal tersebut sepele tetapi kadang membuat bingung pelanggan yang ingin mengecek nomor resi. Kemungkinan tahun baru ini Pos Indonesia sudah menggantinya dengan nomor resi, sehingga konsumen tidak dibingungkan ketika akan mengecek status barang belanjaannya.

  1. Buka Website Post Track

Baca Juga: Cara Mudah Cek Resi dengan Post Track

Jika sudah menyiapkan nomor resi, buka website dari Post Track yaitu https://posttrack.com/en. Dengan tampilan yang atraktif dan sederhana sehingga mudah dalam melakukan pelacakan setiap paket pengiriman dari berbagai ekspedisi.

  1. Masukkan Nomor Resi di Kotak yang Disediakan

Setelah masuk ke website Post Track, akan disuguhkan dominan warna hitam dan kuning khas dari mereka. Lalu, selanjutnya tidak perlu menscroll terlalu jauh karena menu awal langsung berupa kotak besar dengan pinggiran kuning bertuliskan Track. Kalian masukkan tracking number di dalam kotaknya.

Selain itu, sudah dijelaskan bahwa ini adalah layanan cek resi dari luar sehingga semua perintahnya tentu saja berbahasa Inggris. Pengguna tidak akan menemukan perintah ‘masukkan no. resi’ digantikan dengan ‘tracking number’, jadi tracking number sendiri adalah nomor resi yang akan di cek atau track.

  1. Klik Tracking

Baca Juga: Mudahkan Pelanggan, Pos Indonesia Luncurkan Layanan Versi Digital

Tentunya setelah memasukkan tracking number, klik tulisan track yang berada tepat di sebelah kotak saat memasukkan nomor resi tadi. Diberi warna kuning sehingga cukup terlihat bagi pengguna. Lalu proses selanjutnya kalian hanya perlu menunggu mesin memproses mencari status barang berada dimana.

Singkatnya, cek resi Pos Indonesia melalui Post Track berguna mengetahui posisi barang kiriman karena setiap sampai di tempat berbeda, pihak pengiriman akan mengupdate. Terkadang juga ada barang yang lolos dari pengecekan, akibatnya tidak dapat dilacak tetapi tetap akan sampai setelahnya.

  1. Posisi Barang Kiriman Akan Berada di Bawah Kolom Pencarian

Proses menunggu hasil melacak tidak akan lama, semua ditentukan oleh kecepatan internet yang ada dirumah, itu saja. Semakin cepat koneksinya makan hasil pencarian tentunya juga cepat keluar. Hasil dari pencarian atau tracking nomor resi akan terlihat di bawah kolom pencarian ketika memasukkan nomor resi.

Seperti sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, bahwa ketidakjelasan hasil pelacakan kemungkinan kecil bisa terjadi karena diakibatkan oleh kelalaian petugas dalam mengupdate. Tetapi hal tersebut tidak berdampak buruk pada barang Anda, tenang saja barangnya tetap akan sampai dengan utuh.

  1. Kembali dan Ulangi Hal yang Sama untuk Cek Resi Lainnya

Untuk cek resi pos Indonesia lainnya, hanya perlu mengulanginya lagi tetapi tidak dari langkah awal. Pengguna hanya perlu menghapus nomor resi sebelumnya dan memasukkan yang baru lalu memprosesnya seperti langkah di atas. Berlaku jika hasil pencarian tidak akurat, harus mengulanginya lagi.

Jasa pengiriman terpercaya seperti Pos Indonesia dan lainnya, tidak lepas dari kurir nakal sehingga ada juga beberapa barang tidak sampai pada pelanggan. Maka dari itu, sebagai konsumen Anda harus selalu mengeceknya melalui Post Track menggunakan cara mudah cek resi dengan Post Track.

Demikian ulasan terkait Post Track, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Post Track dapat diakses melalui web ataupun aplikasi mobile
Bagikan