Catat Tanggalnya, HUT ke-412 Makassar Bakal Digelar di Pantai Losari

Asisten 1 Pemerintah Kota M Sabri

Terkini.id, Makassar – Asisten 1 Pemerintah Kota M Sabri mengemukakan HUT Kota Makassar ke-412 bakal dikemas dalam bentuk sederhana. Namun, kata dia, efeknya harus langsung terasa pada seluruh masyarakat.

“Kita mau mengubah cara pemerintah bahwa jangan sampai upacara Ini hanya upacaranya orang pemerintah kota,” kata dia saat ditemui usai  rapat persiapan di Balai Kota Makassar, Senin, 7 Oktober 2019.

Upacara HUT kota Makassar, kata dia, adalah upacara seluruh masyarakat Kota Makassar sehingga rangkaian acara melibatkan masyarakat secara langsung.

Ia mengatakan kegiatan pameran tak lagi berfokus pada pemerintah semata.

“Sekarang kita akan libatkan semua stakeholder termasuk swasta, pelaku usaha dan sebagainya dalam rangkaian rangkaian acara HUT ulang tahun kota,” paparnya.

Ia pun berencana, saat upacara HUT, bakal mengundang beberapa orang Bugis Makassar yang kebetulan menjadi Kepala Daerah, seperti di Kalimantan, Papua, dan Jawa.

“Kiita mengundang mereka untuk datang dan memperlihatkan bahwa inilah sebenarnya ciri khas budaya Makassar yang asli,” tuturnya.

Dia pun mengatakan bakal membentuk tim yang  berfokus menampilakan local wisdom. Ia menilai selama ini kegitan HUT berjalan monoton lantaran setelah upacara, seremonial, dan selesai.

“Ada juga ide dari beberapa teman untuk mendatangkan para pemangku adat yang mungkin dulu keturunan raja-raja,” cetusnya.

Ia pun memastikan bakal mengundang artis lokal dan nasional pada saat malam resepsi (acara puncak). M Sabri pun berharap perayat HUT bisa terlaksana dengan baik.

“Saya kira kalau panitianya bekerja secara maksimal, kita bisa mengurangi biaya, waktunya juga efektif tetapi masyarakat bisa merasakan dengan baik, terutama ketika kita mengundang nanti para pelaku usaha dan kita launching namanya Great Makassar Sale,” ungkapnya.

Ia juga berharap bahwa seluruh pengusaha hotel, dan pelaku usaha bisa membantu masyarakat dalam rangka HUT Makassar.

“Dengan menurunkan harga-harga dengan sale, sama seperti ketika ulang tahun Jakarta dan sebagainya,” pungkasnya.

Diketahui, HUT Kota Makassar bakal berlangsung selama 3 hari, mulai 7 hingga 9 November 2019 mendatang di Pantai Losari.

Berita Terkait
Komentar
Terkini