Masuk

Dear Para Pria, Jika Kamu Kurang Tampan Jadilah Altruis!

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Bertampang pas-pasan atau kurang menarik memang sering kali membuat orang berkecil hati dan merasa rendah diri.

Sebaliknya, bagi mereka yang memiliki tampang “oke”, tentunya tidak akan sulit untuk mendapatkan perhatian lawan jenis atau perhatian orang-orang sekitar.

Namun, tenang saja. Fisik bukan segalanya, kok! Tak mengapa jika kamu merasa kurang tampan, asal altruis! 

Baca Juga: 7 Hal yang Sangat Tidak Disukai Wanita Saat Bercinta, Pria Wajib Tahu!

Jadi, bagaimana sih pria altruis itu? Mengapa mereka digemari meski kurang tampan?

Itu karena pria altruis memiliki sifat di mana mereka cenderung lebih memedulikan orang lain ketimbang diri sendiri.

Percaya atau tidak, tetapi banyak wanita yang justru tertarik pada tipe ini karena menurut mereka, pria akan terlihat lebih menarik dan memesona ketika berbuat sesuatu yang baik, meskipun wajah atau penampilannya terbilang standar.

Baca Juga: Jalin Kerjasama Dengan LPPM IPB, Polbangtan Kementan Jadikan Dosen Sebagai Peneliti Bersertifikasi Internasional

Studi terbaru dalam jurnal berjudul Are Women’s Mate Preferences for Altruism Influenced by Physical Attractivness mengungkapkan bahwa pria yang peduli terhadap keadaan orang lain di atas kepentingan mereka sendiri lebih berpotensi dipilih wanita sebagai pasangan dibandingkan pria yang hanya mengandalkan ketampanan.

Para peneliti dari University of Sunderland dan University of Worcester, Inggris, menganalisis dua karakteristik pria yang dianggap bisa menarik hati wanita, yaitu pria yang menarik secara fisik dan pria altruis.

Mereka kemudian mencoba memahami kualitas pria seperti apa yang lebih dipilih wanita.

Studi ini melibatkan 202 wanita, masing-masing diperlihatkan foto 24 pria.

Baca Juga: Seorang Remaja Pria Nikahi Dua Gadis Sekaligus

Para pria tersebut memiliki tingkat ketampanan yang bervariasi (yang sebelumnya telah dinilai oleh tiga orang dari tim peneliti).

Nah, beberapa foto menunjukkan pria yang sedang menolong anak kecil yang terjebak di sungai atau pria yang tampak membelikan kopi untuk tunawisma, sementara foto lainnya memperlihatkan pria yang menolak memberi pertolongan atau tidak berbuat sesuatu apa pun seperti yang ditunjukkan dalam foto sebelumnya.

“Kami menemukan bahwa seseorang yang ikhlas atau altruistik jauh lebih baik ketimbang mereka yang hanya berpenampilan menarik untuk sebuah hubungan asmara jangka panjang,” ujar Daniel Farrelly, pengajar senior di Institute of Health and Society, University of Worcester, seperti dikutip dari Huffington Post.

Hasil studi ini mengindikasikan bahwa menjadi orang yang ikhlas dan tidak egois akan memberikan kesempatan yang lebih besar bagi pria untuk mendapatkan pasangan, terlebih jika wanita menginginkan pasangan serius untuk hubungan jangka panjang (bisa diajak berkomitmen). 

Hasil studi tersebut juga mendukung penelitian sebelumnya yang mengungkapkan bahwa sifat altruisme membuat pria lebih diinginkan wanita.

Mengapa? Karena pria yang memikirkan kepentingan orang lain ketimbang dirinya sendiri berarti merupakan individu yang suportif dan bisa menjadi ayah yang jauh lebih baik.

Jadi, jika kamu merasa kurang tampan, jangan patah semangat! Cukup benahi sikapmu dan perlihatkan pesonamu!