Mahasiswa Rekam Temannya yang Masuk Toilet Perempuan, Begini Saran Psikolog

Dosen Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Unhas Istiana Tajuddin
Dosen Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Unhas Istiana Tajuddin

Terkini.id, Makassar – Dosen Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Unhas Istiana Tajuddin mengungkapkan, perilaku seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Sulawesi Selatan yang merekam aktivitas mahasiswa di dalam toilet perempuan dengan kamera video, dalam istilah psikologi disebut Voyeurism.

“Masuk pada seksual disorder,” ungkap Istiana kepada Terkini.id, Selasa 12 November 2019.

Menurut ilmu neuropsikologi, kata Istiana, seseorang yang melakukan tindakan penyimpangan seksual, salah satunya disebabkan terganggunya “executive function”, yakni fungsi “inhibition”.

Seorang yang normal, seharusnya mampu menahan diri dari perilaku asusila seperti demikian. Namun pada mereka yang mengalami kerusakan fungsi inhibition pada otaknya, maka ia sulit menahan diri.

Agar perilaku seperti ini tidak terjadi, lingkungan keluarga harus memberikan pendidikan yang benar mengenai seksual pada anak yang masuk masa akil baligh atau dewasa.

Keluarga harus bisa menjelaskan apa saja fungsi alat reproduksi dan bagaimana menjaganya agar tidak terlibat dalam perilaku seksual yang dilakukan sebelum waktunya dan perilaku seksual menyimpang.

“Dalam masyarakat, meningkatkan kewaspadaan dan melaporkan tindakan yang melecehkan seperti ini pada aparat yang tepat,” katanya.

Konsultasi ke Psikolog atau Psikiater

Seyogyanya mereka yang mengalami penyimpangan seksual tidak perlu malu untuk ke psikolog atau psikiater. Agar mendapatkan pemahaman mengenai awal mula masalahnya berkembang. Sehingga berperilaku seksual menyimpang.

“Agar mendapatkan penanganan yang tepat,” kata Istiana.

Kampus juga harus memberikan pemahaman mengenai perilaku seksual yang dapat diterima oleh masyarakat dan sehat secara medis dan psikologis.

Kampus bisa melakukan pencegahan dengan meningkatkan pengamanan di tempat-tempat yang rawan. Seperti di toilet dan ruangan yang jarang terpakai.

Mahasiswa yang Merekam Jadi Tersangka

Warga kampus menemukan kamera video sejenis GoPro dan HP aktif merekam aktivitas mahasiswi di dalam toilet perempuan.

Polisi yang menerima laporan langsung menyelidiki dan menangkap pemilik kamera. Tiga terduga pelaku tercatat sebagai seorang mahasiswa. Setelah ditetapkan tersangka oleh polisi, pelaku dikabarkan diberikan sanksi pemecatan dari kampusnya.

Dalam keterangannya kepada polisi dan wartawan, pelaku melakukan tindakan tidak terpuji tersebut hanya untuk memuaskan nafsu seksnya.

“Videonya tidak disebar,” kata seorang pelaku.

Berita Terkait