Debat Kandidat Pilwali Makassar Digelar di Jakarta, KPU: Bisa Menghemat Anggar

Pilwali Makassar
Komisioner KPU Makassar, Endang Sari.

Terkini.id — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar bakal menggelar debat kandidat Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Makassar di Jakarta dengan mengandeng stasiun TV Nasional.

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari menjelaskan beberapa pertimbangan KPU melaksanakan debat kandidat di Jakarta. 

Pertimbangan yang pertama, untuk menghemat anggaran, karena jika melaksanakan di Jakarta di stasiun TV nasional, KPU bisa melakukan efisiensi sampai 50 persen anggaran. 

“Karena tidak lagi harus menyewa hotel, dan lain lain. Dan hanya terbatas personil yang bisa berangkat ke Jakarta,” jelas Endang. 

Pertimbangan kedua, memperhatikan animo masyarakat yang cukup tinggi di masa kampanye Pilwali Makassar 2020, dan juga eskalasi politik yang terjadi beberapa waktu terakhir ini.

Menarik untuk Anda:

“Kami melihat bahwa potensi untuk terjadinya kerumunan massa sangat besar. Dan memang di setiap pemilihan yang pernah digelar di Makassar, konsentrasi massa yang cukup besar selalu terjadi di luar lokasi debat sementara kami harus menegakkan protokol covid-19 sesuai yang tertuang dalam PKPU 13 tahun 2020,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Endang, dari 270 daerah yang melaksanakan  pemilihan, Pilwali Makassar 2020 adalah satu-satunya pemilihan yang merupakan perulangan. Mengingat pelaksanaan Pilwali Makassar kali ini adalah perulangan dengan antusiasme yang besar.

“Maka perlu bagi kami melakukan pertimbangan akan situasi tersebut utamanya dalam upaya membangun kepekaan di masa pandemi covid. Dan menjamin terlaksananya dengan baik implementasi PKPU 13 menyangkut pencegahan covid-19,” uncapnya.

Selain debat publik, tahapan Pilwali Makassar yang KPU kelola sebelumnya seperti peluncuran tahapan, pendaftaran bapaslon, penetapan paslon, pengundian nomor urut dan deklarasi kampanye damai dan kepatuhan covid-19, selalu menggandeng media penyiaran daerah dan TV nasional. 

“Baru ditahapan debat ini kita berencana menggunakan TV nasional. Dan kami tetap mempersiapkan agenda debat di Makassar yaitu di debat terakhir menjelang hari pemilihan nantinya,” ujarnya.

KPU Makassar senantiasa berusaha melakukan penerapan PKPU 13 dan memperhatikan jaminan terselenggaranya tahapan pemilu sesuai dengan aturan pemilihan sekaligus memperhatikan asas upaya pencegahan covid dan upaya melakukan penyelenggaraan pemilu yang peka atas situasi covid yang ada. Apalagi kota Makassar sebagai kota dengan jumlah pemilih yang besar.

Meskipun KPU belum memastikan jadwal pelaksanaan debat publik. Tapi endang memperkirakan debat pertama digelar pada minggu pertama November, disusul debat kedua pada akhir November dan debat ketiga pada 4 Desember 2020.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Warga Penerima PKH Diintimidasi, Anir: Itu Program Pemerintah Pusat

Ada di Jalur Kemenangan, Demokrat Kian Solid Menangkan Appi-Rahman

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar