Di Masa Pandemi PPL Tanah Loe Panen Padi Varietas Membramo

PPL Tanah Loe Panen Padi Varietas Membramo

Semangat petani dan penyuluh sangat diharapkan untuk sejalan dengan yang dipesankan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Sektor pertanian menjadi andalan dan harapan bahkan tulang punggung. Hal ini “Merupakan tanggung jawab bersama dalam menyediakan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia dan merupakan kekuatan spirit bagi keluarga besar Kementerian Pertanian dan semua pelaku dan pemerhati pembangunan pertanian,” tegas SYL.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Prof. Dedi Nursyamsi, mengatakan kegiatan panen yang dilakukan petani adalah bagian dari pemenuhan pangan sebagai imunitas utama.

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa setelah sukses menggelar Sosialisasi dan Pelatihan IT guna menunjang program transformasi Balai Penyuluh Pertanian (BPP) menjadi BPP Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng. 

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi yang menginginkan dalam 10 hari kedepan ada 59 BPP yang akan bertransformasi menjadi BPP Kostratani yang berada dibawah binaan Polbangtan Gowa. 

Kementerian Pertanian akan mentransformasikan 6000 Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Tanah Air  menjadi BPP Kostratani. Transformasi ini ditargetkan rampung 2021. Sedangkan di tahun 2020, Kementan menargetkan transformasi 1500 BPP.

Menarik untuk Anda:

“Kita mendapatkan tugas khusus, yaitu percepatan Kostratani. Oleh karena itu, saya menyebutnya sebagai Kopasus Kostratani 2020. Karena memang ini betul-betul pasukan khusus untuk segera mengimplementasikan Kostratani di seluruh pelosok Tanah Air,” tuturnya.

Demi membantu dalam ketersediaan pangan bagi 267 penduduk Indonesia, Sri Wahyuni, S.TP PPL Kelurahan Tanah Loe bersama petani melakukan kegiatan panen padi varietas membramo. Senin, (24/08).

Panen varietas membramo ini dilakukan pada sore hari pukul 17.00 dengan umur panen 116 hari. Adapun cara panen yang dilakukan masih konvensional dengan menggunakan sabit dan papan nutuk merontokkan bulir padi. Kata Sri, produktivitas yang diperloleh 6,5 ton per hektar. 

Hasil ini akan kami masukkan kedalam laporan program utama kementerian pertanian sebagai data hasil panen,” ungkap Sri. 

Sekertaris Dinas Pertanian Mahyuddin yang membuka kegiatan sosialisasi dan pelatihan IT di Kantor Dinas Pertanian beberapa minggu yang lalu menyampaikan bahwa kegiatan ini positif dan sepakat untuk mendukung proses transformasi.

Kami memastikan dengan pelatihan ini baik aplikasi dan kegiatan video conference sudah bisa digunakan oleh para penyuluh. Dan apa yang telah dilakukan ini baik penginputan aplikasi laporan utama Kementan dapat tampil di dashboard utama yang berada di ruang AWR (Agriculture War Room) Kementan,” ujarnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Maju di KBMI, FIKOM UMI Sasar Tingkat Nasional

Tetap Produktif di Masa Pandemi, Ini yang Dilakukan Himatep FIP UNM

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar