Diakui Nasional, Parepare Sukses Sabet Reward DID 55 Miliar Rupiah

Pemkot Parepare
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe/ ist

Terkini.id, Parepare – Kota Inovasi yang selalu didengungkan Wali Kota Parepare Taufan Pawe sudah mendapat pengakuan nasional bahkan kini internasional.

Capaian sejumlah prestasi nasional semakin menguatkan eksistensi Parepare sebagai Kota Inovasi. 

Bahkan karena prestasinya itu, pada 2021, Parepare dipastikan mendapatkan reward berupa Dana Insentif Daerah (DID) bernilai puluhan miliar dari Pemerintah Pusat.

Tidak tanggung-tanggung DID senilai Rp55 miliar yang didapatkan Parepare itu disebutkan lebih tinggi dari Provinsi Sulsel.

Hal ini diungkap Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe saat membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Anggaran dan Pelatihan SIPD Pemkot Parepare di Novotel Makassar, Senin, 26 Oktober 2020.

Menarik untuk Anda:

“Kita mendapatkan DID pada 2021 Rp55 miliar. Lebih tinggi dari Provinsi. Itu karena inovasi kita sudah tembus 12 besar nasional, dan masuk nominasi tingkat dunia,” ungkap Taufan Pawe.

Inovasi yang dimaksud Taufan Pawe adalah Berdaya Srikandi Oleh Srikandi yang dihadirkan Pemkot Parepare melalui Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP), yang sukses menembus Top 12 Inovasi Pelayanan Publik Indonesia. 

Berdaya Srikandi Oleh Srikandi pun kini bersiap menghadapi kompetisi inovasi tingkat dunia sebagai wakil Indonesia di ajang United Nations Public Service Awards (UNPSA) 2021.

“Inovasi lahir karena kemampuan kerja kerja kita yang progresif. Dari 22 kelurahan di Parepare, 11 kelurahan di wilayah pesisir. Inilah yang menjadi inovasi, memberdayakan istri nelayan saat suaminya pergi turun melaut. Menjadikan mereka lebih produktif,” terang Taufan soal inovasi Berdaya Srikandi Oleh Srikandi.

Inovasi yang terus lahir, kata Taufan, membuat Parepare harus tetap menjadi percontohan. Taufan menekankan, Parepare kota kecil, kota jasa, namun harus menjadi role model.

“Tingkat pertumbuhan ekonomi Parepare 6,7 persen sebelum pandemi. Di masa pandemi, tingkat produktivitas ASN tetap tinggi. Meski bekerja dari rumah tapi tidak mengecewakan,” beber Wali Kota yang 
sudah mendapatkan 168 penghargaan mulai tingkat provinsi, nasional hingga internasional ini (per Agustus 2020).

Parepare mendapatkan DID yang signifikan karena berbagai indikator. 

Selain inovasi Berdaya Srikandi Oleh Srikandi yang masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Indonesia, dan kini menembus Top 12 Inovasi Pelayanan Publik Indonesia, juga karena berhasilnya Parepare bangkit dari opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) ke opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Serta beberapa indikator lainnya. 

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Buka Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah, Ini Pesan Wali Kota Parepare

Pemkot Parepare Terima Laporan Hasil Pemeriksaan BPK Atas PAD 2019 dan 2020

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar