Dihadiri 2 Pembicara Nasional, FDK UINAM Gelar Maulid Akbar Nabi Muhammad

FDK UINAM
Dihadiri 2 Pembicara Nasional, FDK UINAM Gelar Maulid Akbar Nabi Muhammad

Terkini.id, Makassar – Dengan mengusung tema “Meneladani Moderasi Dakwah Nabi”, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar (UINAM) menggelar Acara Maulid Akbar, dalam rangka memperingati hari lahir Rasulullah Muhammad SAW 1441 H, Selasa, 12 November 2019, bertempat di Lantai 4 Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat UINAM.

Acara dibuka oleh Dekan FDK UINAM, Dr. Firdaus Muhammad, M.A. Dekan mengungkapkan bahwa peringatan Maulid Akbar ini merupakan wujud syiar dan kecintaan kepada Nabiullah Muhammad SAW.

Firdaus juga berharap agar momentum ini dapat menjadi motivasi dan refleksi diri untuk senantiasa menjadikan Rasulullah Muhammad SAW sebagai suri tauladan dalam berbagai aspek kehidupan.

Sambutan dekan diakhiri dengan ucapan terima kasih kepada segenap ketua dan sekretaris jurusan, juga kepala dan staf bagian tata usaha, atas kerja keras dan partisipasinya dalam mensukseskan terselenggaranya acara.

Maulid Akbar FDK UINAM mengadirkan 2 tokoh nasional sebagai pembicara. Pembicara pertama adalah Yundini Husni Djamaluddin, Ketua Indonesia Bahrain Business and Friendship Society.

Yundini atau yang akrab disapa mbak Yuyun mengungkapkan harapan agar mahasiswa kelak dapat meneruskan generasi kepemimpinan di masa yang akan datang.

Pada kesempatan itu, Yuyun juga berbagi banyak pengalaman dan motivasi dalam hal pendidikan dan ekonomi, serta harapannya kepada mahasiswa dan segenap undangan yang hadir, agar kelak dapat menjadi jembatan kerjasama dan bisnis bagi Indonesia juga negara-negara lainnya, khususnya Bahrain.

Kuliah singkat diakhiri dengan penyerahan cindera mata oleh mbak Yuyun Kepada Dekan FDK UINAM.

Pembicara kedua adalah KH. D. Zawawi Imron, Ulama dan Sastrawan Nasional. Dalam Ceramahnya, KH Zawawi, mengungkapkan bagaimana Rasulullah senantiasa menunjukkan keteladanan dalam setiap perilaku dan perkataannya.

“Dann sebagai umat Rasulullah SAW hendaknya kita tidak pernah melenceng dari teladan tersebut,” ujarnya.

Dalam ceramahnya yang berlangsung selama sekitar 90 menit,  KH Zawawi juga menjelaskan mengenai keindahan ayat-ayat suci Al-Quran dan makna yang terkandung di dalamnya.

Acara ini dirangkaikan dengan lomba bakul maulid. Bagian akademik dan 8 jurusan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINAM, yakni Ilmu Komunikasi (Ikom), Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI), Komunikasi Penyiaran Islam (BPI), Jurnalistik, Manajemen Dakwah (MD), Kesejahteraan Sosial (Kessos) dan  Manajemen Haji dan Umrah (MHU) turut berpartisipasi dalam perlombaan ini.

Bakul-bakul maulid yang dihias dengan kertas dan telur warna-warni, ditambah dekorasi yang unik menambah semarak dan meriahnya Maulid Akbar.

Berdasarkan keputusan panitia dewan juri, Jurusan Ilmu Komunikasi keluar sebagai juara pertama, disusul jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam dan Bagian Akademik.

Turut hadir dalam Maulid Akbar, Wakil dekan 1, 2 dan 3, guru besar Prof. Ahmad Sewang, segenap ketua dan sekretaris jurusan, dosen, staf dan mahasiswa FDK UINAM yang berjumlah sekitar 200 orang.

Citizen Reporter: Riri Saleh

Berita Terkait