Diikuti 12 Tim, HMPS FT UNM Gelar Ajang Pertanian Berkarya ke-5

Terkini.id, Jakarta – Sebanyak 12 tim yang terdiri 36 peserta berkompetisi pada ajang Pertanian Berkaya ke-5 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian (HMPS) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM).

Kegiatan pertanian berkarya ini dihelat di Dekanat Fakultas Teknik UNM, Rabu, 26 Februari 2020.

Pembukaan acara berlangsung meriah dan dihadiri pejabat teras Fakultas Teknik diantaranya, Prof. Muhammad Yahya (Dekan FT), Prof. Muhammad Syahrul (Wakil Dekan I), Dr. Jamaluddin (Wakil Dekan 2), Dr. Ahmad Rifqi Astrib (Wakil Dekan 3) , Dr. Andi Sukainah (Kaprodi PTP FT) dan dosen, Lembaga Kemahasiswaan, dan sivitas mahasiswa Fakultas Teknik serta Polda Sulsel.

Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut yakni “Optimalisasi Sumber Daya Manusia Menuju Teknologi Pertanian Yang Berkelanjutan”.

Ketua Panitia, Virda mengatakan, tim yang berkompetisi sudah diseleksi ketat hingga didapatkan 12 tim terbaik. Kedua belas tim yang ikut berpartisipasi berasal dari Banjarmasin, Bali, dan berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

“Banyak sekolah yang antusias untuk ikut kegiatan kami, bahkan beberapa sekolah dari berbagai provinsi di Indonesia. Namun setelah seleksi dari tim juri, yang lolos ikut PAKAR yakni 12 tim dari tujuh sekolah,” katanya.

Lanjut mahasiswa angkatan 2017 ini menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengasah ide siswa-siswi SMA/SMK terhadap isu pertanian di masa depan.

“Teknologi kita kan semakin maju, kami ingin adek-adek melihat ini sebagai tantangan selain kegiatan ini sebagai wadah kreativitas dan inovasi bagi adek-adek SMK/SMA,” tuturnya.

Senada dengan itu, Ketua Umum HMPS PTP UNM, Jumadil membeberkan, era 4.0 sekarang harus diiringi dengan penguasan teknologi yang mempuni dari generasi muda, utamanya siswa-siswi SMA/SMK.

“Sasaran kegiatan ini, bagaimana adik-adik mengasah kemampuan dengan menampilkan produk-produk andalannya,” bebernya.

Mahasiswa asal Kabupaten Soppeng ini berharap peserta dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan menjunjung tinggi sportifitas.

“Semoga kegiatan ini menjadi ajang adu ide dan silahturahmi,” harapnya.

Sementara itu, Kaprodi PTP FT UNM, Dr. Andi Sukainah berujar kegiatan pertanian berkarya merupakan program andalan jurusan dan fakultas teknik.

“Tiap tahun diagendakan dan rutin dilaksanakan, ini sudah jadi program himpunan berkerjasama jurusan dan fakultas,” tutupnya.

Citizen Reporter: Resa Sanjaya

Komentar

Rekomendasi

Tim Satgas Unhas Bikin Pusat Informasi Covid-19

Lawan Corona, Mahasiswa KKN UINAM di Bulukumba Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Cegah Corona, Mahasiswa KKN UINAM Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Desa Datara Gowa

Begini Cara Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar Isi Waktu Saat di ‘Rumah Saja’

Makin Mewabah, Polbangtan Gowa Lakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh Di Gerbang Masuk Area Kampus

Mahasiswa UINAM Terpaksa Kuliah Online karena Wabah COVID-19

Direktur Polbangtan Gowa Bagi-bagi Masker, Vitamin Sekaligus Makan Bubur Kacang Ijo & Sarabba Bareng THL, Satpam dan Supir

Alumni FKG Unhas Sumbang Chamber Sterilizer untuk Rumah Sakit Sayang Bunda

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar